Penyampaian materi oleh Miss Olivia

DepokTalking about Love with Teens adalah topik yang dibahas dalam Kelompok Kepedulian Orangtua (KKO) ke 4 yang adalah KKO yang terakhir pada Tahun Pelajaran 2018/2019 ini. KKO kali ini diadakan pada hari Sabtu, 23 Maret 2019. Dalam pertemuan kali ini ada beberapa hal yang agak berbeda antara lain: siswa-siswi ikut serta dalam kegiatan, serta adanya penandatanganan perjanjian hidup kudus, dan yang paling mengesan adalah pemberian cinderamata dari orangtua kepada anak. Banyak hal yang dapat kita temukan dalam kegiatan ini. Dari sini kita dapat melihat kedekatan antara anak dan orangtua, bagaimana kualitas hubungan mereka, dan terlebih orangtua dan anak bersekempatan untuk dapat semakin saling memahami kebutuhan masing- masing.

Pembicara pada KKO 4 ini adalah Miss Olivia Kristanti (Guru BK SMPK 5 PENABUR Jakarta) yang membawakan materi dengan sangat menarik.  Di sini orangtua dan anak dipersiapkan untuk menghadapi salah satu proses perkembangan remaja yaitu ketika remaja mulai jatuh cinta. Banyak sharing dari orangtua mengenai hal ini. Anak mendengar langsung dari orangtua mengenai pengalaman jatuh cinta dan cara menyikapi perasaan tersebut. Jatuh cinta dan berteman dengan lawan jenis adalah pengalaman yang akan dialami setiap remaja. Keterlibatan orangtua sekaligus anak pada KKO kali ini diharapkan mendukung orangtua untuk dapat memahami proses yang sedang dialami anak-anak remajanya ini. Dengan saling memahami, orangtua dapat menjadi rekan atau sahabat anak dalam melewati masa perkembangan ini.

ss

Antusiasme orantua dan anak dalam kegiatan ini cukup tinggi terlihat dari banyaknya peserta yang hadir tepat waktu dan mengikuti kegiatan sampai selesai. Peserta yang diundang sebanyak 61 orang akan tetapi yang hadir 78 orang dan ini merupakan jumlah peserta terbanyak sepanjang  rangkaian kegiatan KKO. Banyak orangtua yang mengapresiasi kegiatan ini dan mereka ingin kegiatan ini dilanjutkan sampai dengan siswa kelas 8.

Peserta KKO

Pemberian cinderamata

Di akhir kegiatan, SDK PENABUR Depok membagikan sertifikat sebagai apresiasi bagi para orangtua yang selalu hadir dalam rangkaian KKO, yaitu 4 kali pertemuan. Belajar menjadi orang tua maupun guru yang baik bagi anak dapat dilakukan melalui berbagai cara. Hal pertama adalah kesediaan untuk terbuka terhadap segala perkembangan. Mari berjuang bagi generasi penerus dengan cara mendidik dengan baik dan benar sesuai dengan ajaran Kristiani!

Penulis: Yohanita Dian K (Guru BK SMPK PENABUR Depok)

Baca berita kegiatan lainnya: