Penyampaian Materi / dokumentasi pribadi

Depok – Secara umum, karakteristik yang terlihat dari generasi Z dan Alfa adalah mereka sangat akrab dengan perkembangan teknologi, khususnya internet dan gadget. Generasi ini termasuk generasi yang cenderung optimis namun tidak gigih dalam usahanya. Mereka kritis dan detail dalam mencermati suatu informasi tapi juga praktis sehingga enggan meluangkan waktu untuk proses yang panjang. Hal ini disebabkan karena mereka lahir pada zaman yang sudah serba instan.

Di sisi lain, persaingan dunia yang semakin ketat akan memengaruhi perkembangan anak generasi Z dan Alfa di masa depan. Tantangan yang akan mereka hadap semakin bertambah; mulai dari gaya belajar, materi yang dipelajari di sekolah, sampai dengan pergaulan mereka sehari-hari. Nah, sebagai orangtua kita harus mempersiapkan anak-anak agar dapat bertahan dalam beragam situasi dan kondisi yang menatang sehingga dirasa tidak menyenangkan oleh anak. Anak yang mudah putus asa merupakan tanda bahwa ia memiliki ketahanan (adversity quotient) yang kurang dalam menghadapi sebuah tantangan.

Diskusi dan Tanya Jawab / dokumentasi pribadi

Dalam seminar yang diadakan pada hari Sabtu, 05 Oktober 2019 di SDK PENABUR Depok dikupas mengenai gap generation. Selain itu, upaya-upaya sederhana yang dapat dilakukan orangtua untuk membentuk ketahanan (adversity) anak juga dibahas. Contoh sederhana yang dapat dilakukan orangtua adalah memberikan kesempatan dan mendorong anak untuk mencoba menemukan penyelesaian dari masalah yang dihadapi. Orangtua dapat melakukan pembiasaan-pembiasaan aturan yang dapat dilakukan di rumah secara konsisten. Ibu Lucia RM Royanto selaku pembicara memaparkan materi seminar dengan bahasa-bahasa yang mudah dipahami dan diterapkan oleh para orangtua. Dinamika tanya jawab yang terbentuk cukup menggambarkan antusiasme para peserta seminar dalam mengikuti setiap topik pembahasan. Pada akhir sesi, peserta seminar diajak untuk merefleksikan materi yang sudah disampaikan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan evaluasi dengan gim kahoot.

Foto Bersama / dokumentasi pribadi

Penulis: Prananingrum Ch (Guru BK SDK PENABUR Depok)

Berita kegiatan lainnya..

Ikuti akun instagram kami untuk menemukan info-info terbaru! klik disini