Guru BK masa kini berhadapan dengan para siswa yang telah mengenal teknologi sejak usia yang masih sangat belia. Bahkan sangat mungkin, para siswa lebih mahir menggunakan teknologi seperti gadget dan pemanfaatan internet untuk bersosialisasi dan  aplikasi lainnya. Dari hari ke hari, makin banyak aplikasi baru muncul untuk memudahkan kehidupan kita. Segala keperluan jadi semakin simpel dan instan. Demikianlah gambaran mengenai era percepatan zaman, dimana segala hal terus berubah dengan cepat.

Berbagai segi kehidupan memang menjadi makin mudah dengan berkembangnya pemanfaatan internet. Sebagai contoh: ojek online, gim online yang memungkinkan pemainnya bermain secara berregu, berbagai toko online, dan berbagai hal lain yang “di-online-kan”. Namun, banyak kemudahan ini juga mendatangkan efek samping bagi perkembangkan anak. Para orangtua mulai mengeluh “anak sekarang tidak seperti anak zaman dulu…” dan berbagai keluhan lainnya.

Menuju Counselors’ Fair 2019

Sebagai Guru BK, era percepatan zaman ini mendatangkan kemudahan sekaligus tantangan. Kemudahannya, seperti dibahas sebelumnya, segala aspek kehidupan yang “di-online-kan” sehingga menjadi simpel dan instan. Tantangannya, Guru BK harus selalu update pengetahuan dan keterampilan sehingga selalu bisa memberikan bimbingan yang tepat.

dokumentasi pelatihan Guru BK yang difasilitasi oleh Ibu Henny Wirawan

Tema yang diusung dalam kegiatan Counselors’ Fair yang akan diadakan pada 23 November 2019 mendatang adalah “Peran Guru BK di Era Percepatan Zaman”. Seminar pertama mendatangkan psikolog yang telah lama berkecimpung di dunia pendidikan, Ibu Henny Wirawan (Meliora Learning Academy). Pada kesempatan ini beliau akan menjelaskan perubahan – perubahan pada tumbuh kembang anak dari sisi psikologi pada era percepatan zaman ini. Dukungan keluarga dan sekolah bagi kesehatan mental anak juga tak akan luput dari perhatian. Topik seminar pertama ini adalah “Kesehatan Mental Anak dan Remaja di Era Percepatan Zaman”.

dokumentasi pelatihan Guru BK yang difasilitasi oleh Ibu Henny Wirawan

Sesi seminar yang kedua mendatangkan praktisi di bidang Bimbingan dan Konseling, yaitu Ibu Ester Damanik (Ketua MGBK DKI). Sebagai kelanjutan dari sesi pertama, sesi yang kedua ini mengusung topik “Tantangan dan Peran Guru BK di Era Percepatan Zaman”. Pada sesi ini akan dikupas dengan lengkap tips dan trik bagi guru BK dalam perannya menghadapi era percepatan zaman.

Setelah dua sesi seminar tersebut, kegiatan Counselors’ Fair akan dilanjutkan dengan 6 topik kelas kepita selekta. Topik apa saja yang akan dibahas pada tiap kelas tersebut? Ikuti terus update dari kami!

Penulis: Sonia Here (Staf BK & Psikoedukatif)

Berita kegiatan lainnya..

Ikuti akun instagram kami untuk menemukan info-info terbaru! klik disini