Jakarta – Menjawab tantangan perubahan zaman tidak hanya cukup dengan menyesuaikan materi teoritis yang perlu di sampaikan pada siswa. Para guru, dalam hal ini terutama Guru BK, dituntut untuk dapat mengajarkan keterampilan hidup yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Kita tentu sudah tak asing lagi dengan informasi yang beredar bahwa siswa zaman sekarang memerlukan keterampilan yang berbeda dengan generasi sebelumnya untuk masuk ke dunia kerja nantinya. Lalu, bagaimana menyikapinya?

Pada hari Selasa, 3 Desember 2019 yang lalu Seksi BK & Psikoedukatif BPK PENABUR Jakarta telah mengadakan pelatihan untuk Guru BK Jenjang SD. Topik yang dibahas dalam pelatihan kali ini adalah “Pelatihan Kemampuan Guru BK Menghadapi Tantangan dalam Menangani Peserta Didik di Era Industri 4.0 Berdasarkan Temperamen Dasarnya”. Pelatihan yang berlangsung selama satu hari ini difasilitasi oleh Ibu Ellen Patricia., MA, ACC.

Manusia dan Robot

Menghadapi kemajuan teknologi dimana peran mesin dan robot yang makin dominan manusia harus membentuk diri untuk terus lebih unggul daripada mesin. Terdapat setidaknya 10 ketrampilan penting yang harus dipelajari dan dikuasai siswa-siswi di tahun 2020 ini. Ketrampilan tersebut antara lain: Memecahkan masalah yang kompleks, Berpikir kritis, Kreativitas, Pengelolaan Sumber Daya Manusia, Berkoordinasi dengan orang lain, Kecerdasan emosional, Penilaian dan pengambilan keputusan, Berorientasi pada servis, Negosiasi, dan Fleksibilitas Kognitif.

Kecerdasan emosional dan fleksibilitas kognitif menjadi ketrampilan yang penting untuk dikuasi menggantikan control terhadap kualitas dan mendengarkan aktif yang semua penting untuk dikuasi pada tahun 2015.

Perubahan penting dalam hal ketrampilan hidup hanya dalam kurun waktu hanya 5 tahun ini menunjukkan bahwa para guru harus mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang baru akan muncul nantinya.

Pemaparan materi yang diselingi dengan diskusi ini membantu para Guru BK jenjang SD memahami lebih dalam. Para guru BK diajak untuk memahami temperamen dasarnya sendiri terlebih dahulu untuk kemudian ‘menularkan’ ketrampilannya pada siswa-siswi. Pemahaman tentang temperamen ini berkaitan dengan kecerdasan emosi. Kecerdasan emosi dibutuhkan oleh manusia untuk menjadi lebih unggul dari mesin. Selain itu, kecerdasan emosi juga dibutuhkan ketika berkolaborasi dengan sesama manusia untuk menjawab tantangan zaman.

Penulis: Sonia Here (Staf BK & Psikoedukatif)

Berita kegiatan lainnya..

Ikuti akun instagram kami untuk menemukan info-info terbaru! klik disini