Peserta Counselors’ Fair – Dokumentasi Pribadi

Counselors’ Fair 2019 telah sukses dilaksanakan pada Sabtu, 23 November 2019 lalu. Tercatat lebih dari 150 guru BK BPK PENABUR menghadiri kegiatan ini. Tak hanya guru BK dari BPK PENABUR Jakarta, hadir pula guru BK dari beberapa kota lain seperti Bandar Lampung, Tasikmalaya, Cirebon, Bandung, Cimahi, Sukabumi, dan beberapa kota lainnya. Topik-topik yang dibahas memang telah sukses menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta.

Counselors’ Fair dibagi menjadi 3 sesi yang terdiri dari 2 sesi seminar, 1 sesi kapita selekta. Tak tanggung-tanggung, kegiatan ini menghadirkan 8 pembicara professional di bidangnya. Sesi Seminar pertama difasilitasi oleh Ibu Henny Wirawan, seorang psikolog dan praktisi yang juga telah lama berkecimpung di dunia pendidikan. Pada sesi ini dikupas tuntas mengenai perkembangan anak dan remaja serta dampak yang dihadapi para orangtua maupun guru BK. Pengetahuan yang dibagikan oleh Ibu Henny membekali para peserta untuk terus update mengikuti perkembangan zaman.

Seminar sesi kedua difasilitasi oleh Ibu Ester Damanik, ketua MGBK DKI. Pengalaman Ibu Ester sebagai guru BK memang tak diragukan lagi. Pada kesempatan kali ini Ibu Ester membagikan pengalaman-pengalamannya sebagai masukan bagi para guru BK untuk terus mengikuti perkembangan zaman.

Kelas Kapita Selekta 3 – Menjadi Pembicara Andal dengan Teknik HPP / Dokumentasi Pribadi

Kapita Selekta

Peserta kemudian dibagi ke dalam 6 kelas kapita selekta dengan 6 pembicara. Topik yang dibahas antara lain:

  1. Cyberbully dan Penangannya dari Segi Hukum difasilitasi oleh Ibu Feronica, dosen Fakultas Hukum UNIKA Atmajaya.
  2. Mendampi Anak dan Remaja di Dunia Digital difasilitasi oleh Bapak Tony Seno Hartono, praktisi IT.
  3. Menjadi Pembicara Andal dengan Teknik HPP difasilitasi oleh Bapak Samiton, Trainer Profesional.
  4. Peran Guru BK dalam Pendidikan Seksualitas difasilitasi oleh Ibu Bunga Kobong, praktisi parenting.
  5. Inovasi dalam Dunia Konseling difasilitasi oleh Bapak Evans Garey, Dosen Fakultas Psikologi UKRIDA.
  6. Peran Guru BK dalam membantu Pemilihan Karir Anak Pada Masa Depan difasilitasi oleh Bapak Ivan Tanra, Dosen Fakultas Teknik UKRIDA

Semua sesi dalam kegiatan ini mendapat respon positif dari peserta. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa peserta puas dan mendapat manfaat dari kegiatan ini. Tak hanya itu, peserta mendukung agar kegiatan rutin ini terus terselenggara untuk membantu para guru BK update pengetahuan dan terus mengembangkan diri.

Kunjungan ke Stand Sponsor / Dokumentasi Pribadi

Stand Terapi Edukatif / Dokumentasi Pribadi

Penulis: Sonia Here (Staf BK & Psikoedukatif)

Berita kegiatan lainnya..

Ikuti akun instagram kami untuk menemukan info-info terbaru! klik disini