Counselors’ Fair yang terselenggara pada 23 November 2019

Satu semester di Tahun Pelajaran 2019/2020 telah berlalu. Selain memberikan pelayanan bagi siswa-siswi, guru BK juga telah banyak mendapatkan ilmu baru sepanjang semester gasal yang lalu. Beberapa kegiatan pelatihan, seminar, dan workshop yang telah dilaksanakan antara lain:

Pelatihan Penggunaan Angket Kebutuhan Peserta Didik (AKPD) pada tanggal 20 Agustus 2019 lalu, diikuti oleh semua guru BK jenjang SLTA BPK PENABUR Jakarta. Pelatihan yang dilaksanakan di SMAK 7 PENABUR Jakarta ini difasilitasi oleh Ibu Ester Damanik (Ketua MGBK DKI). Baca selengkapnya disini.

Pembekalan Guru BK Baru pada tanggal 23-24 September 2019. Kegiatan ini melibatkan semua guru BK dari jenang SD hingga SLTA yang baru bergabung dengan BPK PENABUR Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan di Sekretariat BPK PENABUR Jakarta di Tanjung Duren. Klik disini untuk tahu lebih banyak.

Workshop Teaching Social-Emotional Skill for Children

Workshop

Workshop Teaching Social-Emotional Skill for Children pada tanggal 15 Oktober 2019. Kegiatan untuk guru BK SD ini difasilitasi oleh Ibu Fransisca, M.Psi, Psikolog. Pada kegiatan ini para guru BK belajar untuk mengenali eksrepresi emosi anak serta belajar untuk menggunakan metode-metode sederhana untuk membantu anak mengekspresikan emosinya. Baca berita kegiatan ini disini.

Counselors’ Fair 2019, ini adalah kegiatan kebanggan Bimbingan Konseling BPK PENABUR Jakarta. Kegiatan dua tahunan yang telah dilaksanakan pada 23 November 2019 ini menghadirkan 8 pembicara yang memang expert di bidangnya masing-masing. Kegiatan yang mengusung tema “Peran Guru BK pada Era Percepatan Zaman” ini terdiri dari 2 kali seminar besar dan 6 kelas kapita selekta. Mau tahu apa saja yang dibahas dalam seminar dan kapita selekta? baca disini.

Menangani peserta didik di Era Industri 4.0? Guru BK SD BPK PENABUR Jakarta telah mengasah pengetahuan dan kemampuannnya dalam kegiatan pelatihan yang dilaksanakan pada 3 Desember 2019 lalu. Pada kesempatan ini, difasilitasi oleh Ibu Ellen Patricia, MA, ACC, guru BK belajar mengenai temperamen dasarnya. Baca kelanjutannya disini.

Pelatihan pada 3 Desember 2019 difasilitasi oleh Ibu Ellen Patricia, MA, ACC

Kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan kompetensi para guru BK tak berhenti hanya di semester gasal. Masih ada kegiatan-kegiatan lain yang sedang dipersiapkan pada semester genap ini. Ikuti terus Web dan Media Sosial BK & Psikoedukatif untuk tahu topik apa saja yang akan dikupas dalam kegiatan-kegiatan guru BK berikutnya!

Penulis: Sonia Here (Staf Seksi BK & Psikoedukatif)

Baca Mengenai Kegiatan dan Layanan Seksi Bimbingan Konseling & Psikoedukatif – BPK PENABUR Jakarta:

Ikuti akun instagram kami untuk menemukan info-info terbaru! klik disini