Guru BK Jenjang SLTA dikenal tak hanya cakap dalam hal mendampingi tumbuh kembang peserta didik dengan berbagai problematika remaja. Para Guru BK SLTA juga adalah sosok yang cekatan dalam hal menjalin hubungan baik dengan perguruan tinggi baik dari dalam maupun luar negeri. Hubungan baik ini dalam rangka mempersiapkan dan mendukung para peserta didik untuk menentukan pilihan studi lanjut. Salah satu bukti hubungan baik ini adalah kunjungan dari Kyoto University Advance Science (KUAS) ke SPK SMAK 8 PENABUR Jakarta pada Selasa 4 Februari 2020 lalu.

Ms Yenny Mangoendaan (Guru BK SMAK 8) menerima kunjungan KUAS

KUAS adalah universitas swasta di Kyoto, Jepang yang memiliki program Bahasa Inggris dalam proses belajar mengajarnya. Pada kesempatan kali ini, KUAS memperkenalkan jurusan, beasiswa, dan berbagai fasilitas lainnya seperti dormitories. Salah satu jurusan yang ditawarkan oleh KUAS adalah Computer Science, dimana jurusan ini adalah salah satu jurusan terlaris di dunia saat ini.

Belum menentukan pilihan?

Menentukan jurusan kuliah adalah pilihan yang gampang-gampang-susah. Bahkan hasil tes minat bakat terkadang dirasa belum cukup untuk para peserta didik dan orangtua dalam membuat keputusan besar ini. Lalu apa yang bisa dilakukan?

Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) terdiri 4 fokus, yaitu pribadi, belajar, sosial, dan karir. Seperti disebutkan diatas bahwa para Guru BK tidak hanya cakap dalam mendampingi peserta didik berhadapan dengan problematika pribadi, belajar, maupun hubungan sosial. Para Guru BK juga selalu siap sedia dalam membimbing karir peserta didik termasuk didalamnya menentukan studi lanjut. Pemilihan universitas baik dalam maupun luar negeri, swasta atau negeri, memiliki pertimbangan masing-masing.

Konsultasi orangtua dengan Guru BK

Jika peserta didik dan orangtua kini sedang dalam proses mempertimbangkan berbagai pilihan studi lanjut, tidak ada salahnya untuk membuat janji temu dengan Guru BK. Guru BK selalu siap berbagi informasi dan menjadi rekan diskusi bagi peserta didik maupun orangtua. So, selamat menentukan pilihan, dan selamat mengejar cita-cita!

Penulis: Sonia Here (Staf Seksi BK & Psikoedukatif)

Baca Mengenai Kegiatan dan Layanan Seksi Bimbingan Konseling & Psikoedukatif – BPK PENABUR Jakarta:

Ikuti akun instagram kami untuk menemukan info-info terbaru! klik disini