Pelatihan dengan topik ‘Teknik – Teknik Konseling’ yang telah terselenggara pada Selasa, 26 Januari 2021 lalu tidak bertujuan untuk mempelajari teknik baru dalam dunia konseling. Ibu Johana Rosalina, Ph.D atau yang biasa disapa dengan Ibu Rosa sebagai narasumber paham benar bahwa para peserta yang adalah guru BK sudah sangat fasih dalam melakukan konseling siswa. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan pelatihan kali ini adalah penyegaran teknik konseling untuk kemudian dapat diterapkan oleh para guru BK dalam situasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) seperti sekarang ini.

Pelaksanaan pelatihan
Penjelasan sesi pelatihan oleh narasumber

Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh sambutan dari Ibu Enche Gunawan (Kepala Jenjang SLTA BPK PENABUR Jakarta) yang mengingatkan bahwa para guru BK adalah ujung tombak untuk menyentuh para siswa, terutama dalam situasi PJJ. Penyampaian materi kemudian dibagi menjadi tiga sesi. Pada sesi pertama Ibu Rosa membahas mengenai inti dari konseling. Memberikan respon yang tepat pada cerita siswa memang penting, tetapi inti dari konseling itu sendiri sebenarnya adalah mendengarkan aktif. Tanpa menjadi pendengar aktif, guru BK tidak akan dapat memberikan respon yang tepat untuk membantu siswa maupun orangtuanya.

Berlanjut ke sesi kedua yaitu mengenai Attending Behavior serta Teknik dan Tahapan Konseling. Attending Behavior atau menunjukkan kehadiran dalam konseling yang kini dilakukan secara virtual karena situasi PJJ adalah tantangan tersendiri. Konseling virtual memiliki keterbatasan dalam menampilkan dan mengamati gesture.Terdapat trik-trik khusus yang harus diperhatikan oleh para guru BK agar proses konseling tetap berjalan dengan optimal. Sesi kedua ini ditutup dengan diskusi kelompok dan sharing. Melalui kegiatan ini para guru BK kembali memperdalam teknik dan tahapan dalam proses konseling.

Diskusi kasus dalam kelompok kecil
Sesi tanya jawab dan sharing hasil diskusi

Pada sesi ketiga, Ibu Rosa membahas mengenai Kode Etik dalam konseling. Batasan-batasan yang harus dibuat dan dijaga oleh guru BK sebagai konselor dikupas lengkap pada sesi terakhir ini.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00 hingga 15.00 WIB ini secara keseluruhan mendapat respon positif dari para peserta. Tujuan penyengaran pemahaman guru BK mengenai konseling tercapai dengan baik dalam rangkaian sesi.

(sh)

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!