Penyimpangan orientasi seksual menjadi isu yang banyak dibicarakan belakangan ini. Kondisi ini tidak hanya dialami oleh orang dewasa, tetapi juga dapat dialami oleh remaja. Sebagai institusi pendidikan yang berbasis kristiani, BPK PENABUR Jakarta telah menyelenggarakan pelatihan guru BK berkaitan dengan hal ini. Selasa 22 September 2020 lalu, pelatihan dengan topik ‘Deteksi Dini dan Penanganan Penyimpangan Orientasi Seksual’ diikuti oleh semua guru BK SLTA BPK PENABUR Jakarta.

Pelatihan satu hari yang diselenggarakan secara online ini dibuka oleh Ibu Kumalasari Onggobawono (Kepala Divisi Pendidikan). Kegitan kemudian dilanjutkan dengan arahan yang disampaikan oleh Pdt Natanael Setiadi sebagai perwakilan dari Sinode GKI Sinwil Jabar. Selanjutnya materi yang terdiri dari tiga sesi dibawakan oleh Ibu Nona Pooroe Utomo, Ed.M., MA, yang biasa disapa dengan Ibu Nona. Ibu Nona adalah seorang psikolog dan konselor yang menaruh perhatian khusus pada isu seksualitas.

Pada sesi pertama, Ibu Nona menjelaskan mengenai jenis-jenis penyimpangan orientasi seksual serta penyebabnya. Upaya-upaya pencegahan yang dapat dilakukan oleh guru BK kemudian dibahas dalam sesi kedua. Dalam sesi kedua ini, secara rinci Ibu Nona menyampaikan pentingnya pendidikan seksualitas sebagai bentuk pecegahan penyimpangan. Pendidikan seksualitas yang tepat membuat anak dan remaja dapat mengakses infomasi yang akurat berkaitan dengan perkembangan seksualitas yang dialaminya. Pada sesi terakhir, guru BK berkesempatan untuk bertanya serta mendapatkan trik-trik khusus untuk melakukan deteksi dini melalui perilaku yang dapat diamati sehari-hari.

Tanya-Jawab

Melalui pelatihan ini, diharapkan guru BK tidak hanya belajar mengenai deteksi dini tetapi juga belajar mengenai pendampingan yang tepat dan sesuai. Tanya jawab dan diskusi yang berlangsung selama kegiatan pelatihan membuat guru BK dapat saling memperkaya satu sama lain. Secara keseluruhan pelatihan berjalan dengan baik dan lancar.

Peserta Pelatihan

(sh)

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!