Solution Focus Brief Counseling (SFBC) adalah sebuah pendekatan dalam dunia konseling yang berdasar pada asumsi bahwa setiap manusia memiliki kekuatannya sendiri untuk mencapai perubahan. Klien atau konseli dipercaya sebagai pakar atau ahli atas masalah mereka sendiri. Dalam penerapannya, Guru BK atau konselor berperan membantu siswa (konseli) untuk mengaktualisasikan kekuatannya sendiri dalam menyelesaikan masalah. Siswa diajak untuk fokus pada masa depan, alih-alih terjebak dalam masa lalu yang tidak dapat diubah.

Pendekatan yang dikenal efektif untuk membawa perubahan dalam waktu singkat ini menjadi topik pelatihan Guru BK pada Selasa, 16 Februari 2021 lalu. Semua Guru BK Jenjang SMP BPK PENABUR Jakarta turut serta dalam pelatihan yang diselenggarakan melalui Zoom ini. Diundang sebagai narasumber, adalah Bapak Drs. Robert Oloan Rajagukguk, MA., Ph.D., Psikolog Klinis. Bapak Robert adalah seorang praktisi yang saat ini masih aktif mengajar di Universitas Kristen Maranatha.

Penyampaian Materi

Pelatihan yang berlangsung dari pukul 08.00 sampai 15.00 WIB ini dibagi menjadi tiga sesi. Pelatihan ini dibuka oleh Ibu Ieke Poelihawati selaku Kepala Jenjang SMP BPK PENABUR Jakarta. Kemudian pada sesi pertama Bapak Robert menjelaskan definisi, asumsi dasar, hingga bagaimana pendekatan SFCB dalam praktiknya. Pada sesi kedua, para peserta masuk dalam kelompok-kelompok kecil untuk melakukan roleplay. Pada bagian ini, setiap pesterta berkesempatan untuk mengasah pemahaman baru yang diterima dari sesi pertama. Selanjutnya pada sesi terakhir, para peserta masuk  ke dalam kelompok yang lebih besar untuk berdiskusi.

Diskusi Kelompok
Rangkaian Pelatihan Guru BK Sepanjang Tahun Pelajaran 2020/2021

Pelatihan SFBC ini adalah pelatihan Guru BK terakhir untuk Tahun Pelajaran (TP) 2020/2021. Beberapa pelatihan telah terselenggara sepanjang TP 2020/2021, antara lain:

  • * Seminar Self Regulation yang diikuti oleh semua Guru BK BPK PENABUR Jakarta. Seminar ini disampaikan oleh Ibu Ellen Patricia, Ma (Counseling, ACC, pada tanggal 15 September 2020.
  • * Pelatihan Deteksi Dini dan Penanganan Penyimpangan Orientasi Seksual. Pelatihan ini disampaikan oleh Ibu Nona Pooroe Utomo, Ed.M., MA pada tanggal 22 September 2020. Semua Guru BK Jenjang SLTA turut serta dalam pelatihan ini.
  • * Pelatihan dengan topik Memahami Gangguan Sensori Integrasi pada Anak. Pelatihan ini diikuti oleh Guru BK Jenjang SD BPK PENABUR Jakarta. Narasumber pelatihan ini adalah Ibu Kurnia Mega, M.Psi., Psikolog. Kegiatan ini telah terselenggara pada 19 Januari 2021.
  • * Pelatihan Teknik-Teknik Konseling, diikuti oleh Guru BK Jenjang SLTA BPK PENABUR Jakarta. Kegiatan yang terselenggara pada Selasa, 26 Januari 2021 ini dibawakan oleh Ibu Johana Rosalina, Ph.D.
  • * Sebagai penutup adalah pelatihan Guru BK Jenjang SMP BPK PENABUR Jakarta, yang baru saja berlangsung, yaitu Solution Focus Brief Couseling.

BPK PENABUR Jakarta berkomitmen untuk mendukung para guru terus berkembang sehingga dapat terus memberikan layanan terbaik bagi pada siswa. Mempersiapkan TP 2021/2022, beberapa topik pelatihan Guru BK telah disiapkan sesuai dengan  kebutuhan Guru BK di setiap jenjang pelayanannya.

(sh)

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!