Seorang pelatih sirkus menggunakan gajah untuk melakukan pertunjukan. Dia memiliki lima ekor gajah dan merantai mereka dengan seutas tali yang diikat tidak terlalu erat. Karena gajah-gajah tersebut besar dan kuat, mereka sebenarnya bisa saja mematahkan talinya dan melarikan diri.

Suatu hari, seorang pria yang mengunjungi sirkus bertanya kepada pelatih tersebut mengapa gajah tidak berusaha melarikan diri padahal tali tidak cukup kuat untuk menahan mereka. Lelaki itu terheran-heran mendengar jawabannya.

Sang pelatih mengatakan bahwa sejak masa mudanya gajah-gajah tersebut telah dikondisikan untuk percaya bahwa mereka tidak mampu memutuskan tali dan tidak memiliki kekuatan. Dan itulah alasan mengapa gajah-gajah ini tidak pernah mencoba melarikan diri.

Moral: Keterbatasan dan kekuatan kita terletak pada diri kita sendiri. Kita bisa mencapai apa pun jika kita yakin bisa mencapainya.

(diadaptasi dengan penyesuaian dari https://www.momjunction.com/articles/best-online-inspirational-stories-for-your-child_0093785/)

Cerita Inspiratif lain..

Berani Bermimpi Besar

Kisah Tentang Koloni Katak

Menunggu Kelinci Mati

Filosofi dalam Secangkir Kopi