Satu koloni katak sedang melakukan perjalanan melintasi hutan untuk mencari kolam. Saat melompat-lompat, dua katak jatuh ke lubang yang dalam. Katak-katak lainnya berkumpul di sekitar lubang dan mengungkapkan keprihatinan mereka atas situasi tersebut.

Saat kedua katak tersebut mencoba melompat keluar dari lubang, katak yang lain mengecilkan hati mereka dengan mengatakan betapa mustahilnya melompat keluar dari lubang yang dalam.

Kedua katak itu memilih untuk mengabaikan kata-kata yang menurunkan motivasi itu dan memutuskan untuk terus berusaha melompat keluar dari lubang. Mereka berusaha sangat keras dan mengerahkan seluruh upaya mereka sementara katak-katak yang mengawasi dari atas menyuruh mereka untuk menyerah.

Akhirnya, salah satu di antara mereka terpengaruh oleh katak lainnya. Ia berhenti lalu mati karena menyerah dalam perjuangan untuk keluar dari lubang. Katak yang satu lagi terus melompat sekuat tenaga. Setelah perjuangan yang sangat besar, akhirnya ia keluar dari lubang hidup-hidup.

Katak lain terkejut dan bertanya bagaimana katak itu bisa muncul meskipun mereka menyuruhnya menyerah. Katak tersebut menjelaskan bahwa ia tuli dan berasumsi bahwa semua orang bersorak untuknya.

Moral: Perkataan orang mempunyai dampak yang signifikan terhadap kehidupan kita. Namun yang penting adalah bagaimana kita memanfaatkannya dan memengaruhi kehidupan kita.

(diadaptasi dengan penyesuaian dari https://www.momjunction.com/articles/best-online-inspirational-stories-for-your-child_0093785/)

Cerita Inspiratif lain..

Menunggu Kelinci Mati

Filosofi dalam Secangkir Kopi

Umpan Ikan Hiu

Dihentikan oleh Batu Bata