Akbar dan Birlal adalah pangeran yang tinggal di istana. Suatu hari di musim dingin, Akbar dan Birbal sedang berjalan di tepi danau di samping istana. Karena penasaran, Akbar berhenti dan memasukkan jarinya ke dalam air danau itu dan segera mengeluarkannya sambil berkata, “Saya rasa tidak ada orang yang bisa bertahan semalaman di air sedingin ini”.

Akbar menjanjikan sejumlah 1000 koin emas kepada siapa pun yang bisa bermalam berdiri di dalam air danau yang dingin itu.

Tak lama kemudian, seorang pria miskin yang mendengar berkataan Akbar menghabiskan sepanjang malam berdiri di air danau yang sangat dingin. Di pagi hari, ketika lelaki malang itu pergi ke istana untuk mengambil hadiahnya.

Akbar bertanya kepadanya apa yang membuatnya bisa berdiri di air yang membekukan sepanjang malam. Lelaki itu menjawab, “Tuanku, aku terus memandangi lampu yang menyala dari kejauhan di atap istanamu, dan menghabiskan sepanjang malamku memandanginya”.

Mengetahui hal ini, Akbar menolak memberikan hadiah karena dia merasa kehangatan lampu itulah yang membantu pria tersebut. Orang malang itu kemudian mencari bantuan dari Birbal untuk menghadapi Akbar di pengadilan.

Keesokan harinya Birbal tidak pergi ke pengadilan. Ketika Akbar mengirim utusan menanyakan tentangnya, Birbal mengatakan kepadanya bahwa dia sedang membakar lentera dan akan datang segera setelah siap.

Hal ini membuat Akbar penasaran dan dia datang ke ruangan Birbal. Ia menemukan sebuah bejana digantung tinggi di udara dengan api lentera kecil menyala di lantai. Akbar mengatakan bahwa panas dari lentera tidak dapat mencapai bejana.

Birbal pun kemudian menyatakan bahwa panas dari lampu kecil di atap istana tidak dapat menghangatkan orang malang yang berendam di danau. Akbar menyadari kesalahannya dan memberikan imbalan seperti yang dijanjikan kepada orang miskin itu.

Moral: Secercah harapan sudah cukup untuk menginspirasi orang yang siap bekerja keras.

(diadaptasi dengan penyesuaian dari https://chimesradio.com/parenting-blogs/moral-stories-for-kids-in-english/)

Cerita Inspiratif lain..

Gua yang dapat Berbicara

Serigala Biru

Burung Gagak yang Haus

Singa yang Serakah