MGBK Akbar dan Seminar Compassionate Counselors – Guru BK Jenjang SD, SMP, SLTA, dan SPK BPK PENABUR Jakarta

MGBK Akbar adalah kegiatan tahunan yang mempertemukan semua guru BK se-BPK PENABUR Jakarta. Kegiatan lintas jenjang ini merupakan kesempatan bagi setiap guru BK untuk belajar bersama sekaligus semakin mengenal satu sama lain. Hal ini mengingat para guru BK bertugas di jenjang dan komplek yang berbeda sehingga sangat jarang bertemu satu sama lain.

Pelaksanaan MGBK Akbar

MGBK Akbar tahun pelajaran 2024/2025 berlangsung pada hari Selasa, 20 September 2024 di Aula SMPK 2 PENABUR Jakarta. Kegiatan satu hari ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu: pembukaan, seminar Compassionate Counselors, perkenalan, pengumuman, dan MGBK per jenjang.

Sesi pembukaan diawali dengan renungan yang dibawakan oleh Bapak Christian Imas selaku Kepala Seksi BK & Psikoedukatif. Kemudian, setelah pengucapan Visi & Misi BK serta Motto BK, sambutan disampaikan oleh Ibu Etiwati selaku Deputi Direktur Pelaksana dan dilanjutkan dengan pengarahan oleh Ibu Enche Gunawan selaku Kepala Jenjang SLTA.

MGBK Akbar
MGBK Akbar

Seminar Compassionate Counselors

Menjadi guru BK adalah tanggung jawab yang besar. Bukan sekedar pekerjaan, guru BK berada pada posisi dimana dapat memberikan dampak yang signifikan bagi hidup peserta didik saat ini hingga jangka panjang. Oleh sebab itu, tak heran bahwa profesi guru BK seringkali dikaitkan dengan istilah panggilan hidup.

MGBK Akbar

Seminar bertemakan Compassionate Counselors ini dibawakan oleh Ibu Mona Sugianto. Beliau adalah psikolog klinis yang memang menaruh perhatian besar pada topik ini. Dalam sesi seminar yang berlangsung selama 2 jam ini, Ibu Mona berbagi mengenai jati diri atau karakter yang penuh belas kasih, tentang penderitaan, dan bagaimana menjadi guru BK menjawab panggilan hidup dengan mempraktikan belas kasih secara konkret.

Pada bagian pertama, yaitu jati diri guru BK yang penuh belas kasih, Ibu Mona membahas mengenai makna dan peran guru BK. Tak hanya mengenai tugas mendampingi siswa, kenyataan bahwa profesi ini juga berhadapan dengan berbagai tantangan juga turut dibahas. Hal ini tentu penting agar guru BK mampu melampaui setiap tantangan tersebut dan tetap berkarakter penuh belas kasih.

Sedangkan pada bagian kedua mengenai penderitaan, Ibu Mona mengajarkan tentang “wajah-wajah penderitaan”. Pemahaman ini penting untuk membantu para guru BK lebih mudah memahami penderitaan yang peserta didik alami. Sehingga, guru BK dapat mengerti dan membantu peserta didik dengan cara yang paling tepat.

Kemudian pada bagian akhir, Ibu Mona mengajak semua guru BK melakukan refleksi. Beberapa pertanyaan yang para guru BK perlu jawab sendiri antara lain adalah:

  • * Apa penderitaan yang banyak dialami oleh peserta didik?
  • * Apa pandangan guru BK sendiri terhadap penderitaan tersebut?
  • * Dan apa yang mau atau akan guru BK lakukan?

Pertanyaan-pertanyaan ini mendorong para guru BK untuk bertindak dengan penuh belas kasih dalam mendampingi para siswa dengan beragam latar belakang penderitaannya.

Penutupan MGBK Akbar

Sebelum penutupan, sesi perkenalan adalah bagian yang paling ditunggu dalam rangkaian kegiatan MGBK Akbar. Perkenalan guru BK per jenjang ini dilakukan setelah selesai seminar. Pada bagian ini, koordinator guru BK tiap jenjang memperkenalkan guru BK satu per satu beserta sekolah tempat mereka bertugas.

MGBK Akbar
MGBK Akbar
MGBK Akbar
MGBK Akbar

Koordinator guru BK tahun pelajaran 2024/2025 untuk jenjang SD adalah Ibu Prananingrum Chrismawarni, untuk jenjang SMP adalah Ibu Rieke Ruth Anastasia, untuk jenjang SLTA adalah Bapak Chandra Jon Trafolta, sedangkan untuk jenang SPK adalah Ibu Victoria Linda.

Sesi perkenalan menjadi semakin seru karena guru BK di setiap jenjang menampilkan yel-yel sesuai dengan kreativitasnya. Bahkan, guru BK jenjang SD dan SMP menampilkan yel-yel dengan bernyanyi bersama-sama.

Setelah sesi perkenalan, MGBK Akbar ditutup dengan penyampaian beberapa pengumuman sebagai persiapan menjalani tahun pelajaran 2024/2025. Antara lain adalah informasi mengenai guru BK yang sudah tidak bergabung dengan BPK PENABUR Jakarta, guru BK baru, serta statistik guru BK yang saat ini masih aktif melayani di BPK PENABUR Jakarta.

Kemudian setelah doa penutup, masing-masing guru BK berkumpul sesuai dengan jenjang masing-masing dan melaksanakan MGBK jenjang yang dipimpin oleh masing-masing koordinator guru BK.

(SH)

Baca Berita Kegiatan Lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!