Isu tentang kesehatan mental adalah isu yang ramai diperbincangkan belakangan ini. Dalam lingkup pendidikan, kesehatan mental siswa perlu mendapat perhatian khusus. Sebab, hal ini dapat memberikan dampak signifikan jangka panjang bagi kehidupan siswa yang bersangkutan.

Menyadari hal ini, BPK PENABUR Jakarta melalui Seksi BK & Psikoedukatif menyelenggarakan pelatihan dengan tema Mental Health Issues untuk semua guru BK jenjang SLTA. Pinkan Margaretha, M.Psi, Psi., CEC, Kaprodi Fakultas Psikologi UKRIDA diundang untuk berbagi ilmu dan pengalamannya terkait isu ini dan tentang apa yang guru BK bisa lakukan.

Jalannya Pelatihan Mental Health Issues

Pelatihan satu hari ini telah berlangsung pada hari Selasa, 27 Februari 2024 dan dibuka oleh Ibu Enche Gunawan selaku kepala jenjang SLTA. Dalam sambutannya Ibu Enche, sapaan akrabnya, mengingatkan para guru BK tentang vitalnya peran mereka dalam proses perkembangan mental anak remaja.

Penyampaian materi oleh Ibu Pinkan terbagi dalam 3 sesi utama. Sesi pertama adalah tentang The Spectrum of Mental Health. Ibu Pinkan menjelaskan bahwa gangguan mental bukan kondisi yang muncul begitu saja. Seorang bisa terdignosa dengan kondisi ini setelah sebelumnya mengalami mental distress dan mental health problem

Peran guru BK sangat penting untuk mendampingi siswa dalam kedua fase ini. Sebab, apabila telah menunjukkan gejala mental disorder atau gangguan mental, maka guru BK perlu merujuk siswa ke psikolog atau psikiater untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Kemudian pada sesi kedua, pembahasan masuk ke bagian Common Mental Health Issues in Students. Pada sesi ini Ibu Pinkan menunjukkan data tentang gangguan kesehatan mental yang paling sering muncul di kalangan remaja. 

Proses penyampaian materi dalam sesi tidak hanya satu arah, namun juga melalui diskusi studi kasus. Harapannya adalah agar para guru BK dapat mengenali apabila terdapat siswa yang menunjukkan perilaku gejala tertentu.

Sesi terakhir sebagai penutup adalah tentang School based Mental Health Referral System. Pada sesi ini guru BK berkesempatan untuk memperdalam prosedur penanganan siswa mulai dari pengumpulan data hingga merujuk ke psikolog sekolah maupun psikiater melalui diskusi kelompok, kemudian masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka.

Evaluasi Penyelenggaraan Pelatihan Mental Health Issues

Secara umum pelatihan ini mendapat respon positif dari para peserta. Melalui evaluasi yang diisi oleh peserta, nampak bahwa guru BK mendapatkan insight dan penguatan sebagai bekal untuk dampingi siswa di sekolah.

Beberapa peserta juga mengusulkan topik-topik lanjutan agar guru BK semakin memiliki wawasan dan kompetensi dalam hal kesehatan mental. Usulan dari peserta ini akan ditindaklanjuti dalam program pelatihan guru BK Tahun Ajaran 2024/2025.

BPK PENABUR Jakarta berupaya untuk memberikan dukungan terbaik bagi perkembangan mental siswa dengan memperlengkapi para guru BK untuk terus mengembangkan diri.

(SH)

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!