Dahulu kala, ada seorang yang sangat malas yang selalu mencari cara yang lebih mudah untuk memberi makan dirinya sendiri. Suatu hari ketika dia sedang mencari sesuatu untuk dimakan, dia melihat ladang buah. Dia melihat sekeliling dan tidak melihat siapa pun yang menjaga buah di pohon, jadi dia dengan cepat memutuskan untuk mencuri beberapa buah. Tapi begitu dia masuk ke ladang dan mulai memanjat pohon, petani itu melihatnya kemudian mendatanginya untuk menangkapnya. Laki-laki yang malas itu melihat petani itu datang kepadanya dengan sebatang tongkat, dia menjadi takut dan berlari ke arah hutan di dekatnya dan masuk ke dalamnya untuk bersembunyi.

Setelah beberapa waktu ketika dia merasa dia mulai bisa bergerak dari hutan, ia kemudian melewati pemandangan yang indah. Ada seekor rubah. Rubah itu hanya memiliki dua kaki tetapi masih berjalan merangkak dengan senang hati. Pria malas itu berpikir, bagaimana bisa rubah ini tetap hidup dalam kondisi seperti itu ?! Rubah tidak bisa berlari, bagaimana ia harus bisa memberi makan dirinya sendiri atau tetap hidup dari ancaman hewan lain.

Tiba-tiba, dia melihat singa datang ke arah rubah dengan sepotong daging sudah ada di mulutnya. Semua binatang melarikan diri dan lelaki malas memanjat pohon untuk menyelamatkan dirinya sendiri tetapi, rubah tinggal di sana saja, dia tidak memiliki kemampuan untuk berjalan dengan dua kaki. Namun apa yang terjadi selanjutnya mengejutkan pria yang malas itu. Singa itu meninggalkan sepotong daging yang ada di mulutnya untuk rubah!

ss

Pria malas itu merasa senang melihat “permainan Tuhan” ini. Dia pikir Tuhan yang adalah pencipta semua, selalu memiliki rencana yang mengatur untuk mengurus apa yang dia ciptakan. Dia merasa bahwa Tuhan pasti memiliki sesuatu yang direncanakan untuknya juga. Jadi, dia meninggalkan tempat itu dan duduk di suatu tempat yang jauh, sendirian menunggu seseorang untuk memberinya makan juga. Ketika waktu mulai berlalu, dia terus melihat ke jalanan, menunggu makanannya. Dia menunggu di sana selama 2 hari tanpa makanan! Akhirnya, dia tidak bisa menahan rasa lapar dan mulai pergi.

Dia bertemu dengan seorang bijak tua (Seorang tua yang terkenal karena kebijaksanaan) di jalan. Dia mengatakan semua yang terjadi pada orang bijak itu. Sang bijak pertama memberinya beberapa makanan dan air. Setelah itu, lelaki malas itu bertanya kepada sang bijak, “oh Tuan bijak, Tuhan itu menunjukkan belas kasihan pada rubah yang pincang, tapi mengapa Tuhan itu begitu kejam bagiku?”

Orang bijak itu dengan senyuman berkata, “Benar bahwa sang pencipta memiliki rencana untuk semua orang. Anda jelas merupakan bagian dari rencana Tuhan. Tapi Nak, kamu mengambil tanda itu dengan cara yang salah. Dia tidak ingin Anda menjadi seperti rubah. Dia ingin Anda menjadi seperti Singa ”.

Moral: Seringkali kita salah memahami tanda-tanda. Tuhan telah memberi setiap orang kekuatan dan kemampuan untuk melakukan bagian mereka. Selalu belajar untuk melihat hal-hal dengan cara yang positif dan melihat diri Anda dalam posisi yang kuat untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Jangan memilih yang mudah. Buatlah pilihan yang tepat.

Sumber: www.moralstories.org (dengan penyesuaian)

Baca cerita inspiratif lainnya: