Pada hari Sabtu, 12 Juni 2021 Terapi Edukatif BPK PENABUR Jakarta mengadakan acara Apresiasi Siswa Terapi Edukatif, secara virtual melalui platform zoom. Acara ini dihadiri oleh 28 siswa terapi dan 15 panitia serta tamu undangan. Tema yang diangkat dalam acara Apresiasi Siswa Terapi Edukatif ini adalah “AKU BISA, AKU HEBAT”, dengan tujuan untuk membangkitkan kembali semangat siswa Terapi untuk terus berusaha dan mencoba tanpa takut gagal. Saat siswa terus berusaha dengan penuh semangat, mereka pasti bisa karena mereka adalah anak-anak yang hebat

Pukul 10.00 acara Apresiasi Siswa Terapi Edukatif dimulai. Acara ini dibuka dengan salam pembuka dan menyampaikan aturan dalam mengikuti zoom oleh Ibu Lieke (Terapis) selaku MC. Siswa kemudian diajak untuk menyanyikan lagu pujian “Mari Bersukaria”. Acara dilanjutkan dengan Doa Pembuka yang dipimpin oleh “R”, salah satu dari siswa Terapi Edukatif. Kata Sambutan kemudian disampaikan oleh Bapak Purnomo Sigit, selaku Wali Pengurus Lapendik BPK PENABUR Jakarta. Kemudian para siswa diajak untuk menyanyikan lagu Mars BPK PENABUR dan menyanyikan lagu tema acara  “AKU BISA”. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan menyaksikan penampilan dari “B” (siswa terapi) yang membacakan puisi berjudul “AKU HEBAT”.

Dalam acara Apresiasi Terapi Edukatif ini, para siswa diajak untuk bermain games. Pada sesi games ini 28 siswa terapi dibagi kedalam 3 ruang zoom. Ada 4 aktivitas games yang dilakukan siswa dan orang tua bersama terapis, dalam masing-masing ruang zoom yaitu

1. Menirukan  Objek dengan Gerak Tubuh

Pada permainan ini, siswa bersama dengan orang tua diminta untuk memperagakan objek yang ditampilkan dengan gerak tubuh. Objek dapat berupa benda atau huruf dengan jumlah total 5 objek. Pada setiap objek akan diberikan waktu 10 detik untuk siswa dan orang tua bekerja sama memperagakan objek yang diminta. Terlihat siswa dan orang tua sangat antusias mengikuti permainan ini.

2. Manequeen Challenge

Pada permainan ini, terapis memutarkan lagu “Hari ini Harinya Tuhan”. Siswa diajak menari dan bertepuk tangan bersama terapis dan orang tua. Di menit tertentu musik akan dihentikan. Pada saat tersebut siswa harus berpose dan tidak boleh bergerak. Pada permainan yang seru ini, beberapa siswa kedapatan masih asyik menari ketika musik telah dihentikan.

3. Mencari Kata “AKU BISA, AKU HEBAT”

Siswa diminta mencari potongan kertas “AKU BISA, AKU HEBAT” yang sudah digulung dan diikat dengan pita dan disembunyikan oleh orang tua di tempat yang mudah dijangkau oleh siswa selama zoom berlangsung. Setelah semua gulungan ditemukan, siswa diminta untuk merekatkan potongan kartu dengan selotip sehingga menjadi satu kartu yang utuh. Semua siswa hebat ini dapat menyelesaikan tugas permainan dengan baik.

4. Menulis Love Letter untuk Orang Tua

Siswa diminta untuk menuliskan/menggambar surat untuk orang tua sebagai tanda kasih saying. Surat kemudian diberikan kepada orang tua disertai dengan peluk cium siswa kepada orang tua sebagai ungkapan terima kasih.

Semua aktivitas games ini dilakukan oleh siswa bersama dengan orang tua. Games kebersamaan ini bertujuan untuk semakin mempererat ikatan antara siswa dan orang tua dan mengingatkan kembali pada para orang tua bahwa para siswa dapat berkembang dengan optimal jika ada dukungan dan motivasi dari orang tua. Sebelum para siswa kembali ke ruang utama zoom, acara ditutup dengan penyampaian apresiasi dari para terapis kepada masing-masing siswa terapi.

Puncak Acara Apresiasi

Setelah aktivitas games selesai, para siswa kembali ke ruang utama zoom. Acara dilanjutkan dengan pemberian Apresiasi berupa pengalungan medali kepada siswa. Medali ini adalah simbol apreasiasi, para siswa Terapi Edukatif telah menjadi siswa yang hebat; dapat mengikuti zoom dengan baik, penuh semangat, dan melaksanakan tugas yang diberikan terapis dengan baik sepanjang TP 2020/2021. Pengalungan medali bagi siswa kali ini dilakukan oleh orang tua karena acara berlangsung secara virtual. Selain siswa, orang tua juga mendapat apresiasi dari Terapi Edukatif karena telah bekerjasama dengan sangat baik untuk mendampingi para siswa selama satu tahun pelajaran. Apresiasi bagi orang tua diberikan dalam bentuk penyematan pin untuk orang tua yang dilakukan oleh siswa.

Acara dilanjutkan dengan kembali menyanyikan lagu tema Apresiasi “Aku Bisa”, penyampaian kesan siswa dan orang tua siswa terhadap Terapi Edukatif. Penyampaikan kesan diwakili oleh siswa “J” dan orang tua dari siswa “A”. Setelah itu acara dilanjutkan dengan penyampaian pesan dari Ibu Nita selaku Koordinator Terapi Edukatif kepada para siswa dan orang tua. Sebelum rangkaian acara ditutup, terdapat penampilan dari salah satu siswa “E” menyanyikan lagu “Happy Yayaya”. Acara Apresiasi kemudian ditutup dengan Doa yang dipimpin oleh salah satu orang tua siswa “H” dan foto bersama.

Para siswa Terapi Edukatif mengikuti acara Apresisasi Siswa ini dengan sangat antusias dan bersemangat dari awal hingga akhir acara. Ketika melakukan aktivitas games dan menyanyi Bersama, baik siswa maupun orang tua mengikuti dengan aktif dan penuh semangat. Para siswa nampak sangat senang dan bangga ketika video penampilan dirinya ditayangkan dan ditonton bersama semua siswa dan orang tua di layar zoom.

Penulis: Inosensia Pramudiana (Terapis Terapi Edukatif BPK PENABUR Jakarta)

Klik disini untuk membaca lebih banyak tentang Terapi Edukatif BPK PENABUR Jakarta..