Apa yang bisa dilakukan orang tua?

Setiap manusia memiliki kebutuhan untuk terhubung dengan manusia lainnya, termasuk anak-anak. Namun terkadang, orang tua kurang menyadari bahwa keterampilan anak untuk terhubung dengan teman-teman seusianya tidak selalu dimiliki secara alamiah. Beberapa anak mungkin butuh bantuan untuk mengembangkan keterampilan dalam berteman, apa yang bisa lakukan oleh orang tua?

  • 1. Memperhatikan pola asuh

Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua akan mempengaruhi bagaimana sikap dan perilaku anak ketika membangun pertemanan. Jika orang tua terbiasa menerapkan kontrol psikologis yaitu memanipulasi anak dengan mempermalukan, menghukum, penarikan kasih sayang agar mereka menurut; maka mereka akan cederung mengembangkan kualitas pertemanan yang buruk (e.g., cook et al 2012 dalam Dewar 2020). Sebaliknya, jika orang tua bersikap hangat dan mendiskusikan aturan-aturan untuk disepakati bersama, anak akan mengembangkan sikap prososial. Anak belajar dari meniru, oleh karenanya, bagaimana orang tua memperlakukan orang lain dan diri anak akan tercermin dari bagaimana anak memperlakukan teman-temannya.

  • 2. Mengajarkan percakapan dasar

Tidak semua anak dapat menampilkan respon alamiah yang baik dalam kondisi sosial tertentu. Orang tua dapat mengamati pada kondisi-kondisi seperti apa anak tampak malu, tidak percaya diri, bingung, atau bahkan cemas. Ajak anak untuk berlatih dengan bermain peran. Misalnya, minta anak untuk berlatih: memperkenalkan diri, merespon pujian, menyampaikan kekecewaan, dan menyampaikan penyesalan dan permintaan maaf.

Pada kondisi pandemi seperti sekarang dimana anak-anak tidak bertemu teman-temannya, orang tua dapat membuat seting situasi dalam keluarga dimana anak dapat mempraktekkan hasil latihannya. Hal ini akan membantu anak lebih percaya diri ketika nantinya berhadapan dalam kondisi sosial yang melibatkan teman-temannya atau bakan orang asing.

  • 3. Mengajarkan bagaimana menjadi teman yang baik

Orang tua dapat mengajak anak untuk membaca dan atau membicarakan tentang pertemanan. Buku-buku cerita tentang persahabatan dapat menjadi bahan diskusi yang menarik dengan anak. Orang tua dapat menyampaikan tentang kualitas-kualitas pribadi yang perlu dimiliki untuk menjadi teman yang baik. Hal-hal seperti empati, kerjasama, suka menolong, serta bagaimana dapat terjadi pasang surut dalam pertemanan dapat disampaikan oleh orang tua dalam sesi ini.

Selamat mengajarkan pertemanan pada anak..

(sh)

Referensi:

Bayless, Kate. – . How to Help Your Child Make Friends. Dimuat dalam https://www.parents.com/. Diakses pada Selasa, 15 Juni 2021.

Dent, Maggie. 2020. Helping your kids make friends is one of the most important  things you can do. Dimuat dalam https://www.abc.net.au/. Diakses pada Selasa, 15 Juni 2021.

Dewas, Gwen. 2020. How to help kids make friends: 12 evidence-based tips. Dimuat dalam https://www.parentingscience.com/. Diakses pada Selasa, 15 Juni 2021.

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!