Depok – Pada hari Sabtu, 25 Maret 2017, SMPK PENABUR Depok menyelenggarakan kegiatan Seminar Orang tua. Kegiatan ini merupakan seminar kedua di tahun pelajaran 2016/2017 yang diselenggarakan di SMPK PENABUR Depok. Pada kesempatan ini, kegiatan seminar mengambil topik “Anak Anda Menjadi Tak Terkendali?” dengan pembicara Bapak Natanael Dwi Sulistianto, M.Psi alias Pak Anto yang merupakan guru Bimbingan dan Konseling di SMPK PENABUR Harapan Indah.

Kata Sambutan dari Bp Sukamto

Selain sebagai salah satu perwujudan program sekolah, kegiatan seminar ini juga sebagai perwujudan jalinan komunikasi dan kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan para orang tua siswa kelas VII, VIII, dan IX. Dalam kata sambutannya, Bapak Sukamto, M.Pd selaku Kepala SMPK PENABUR Depok,  menegaskan bahwa pihak guru di sekolah dan orang tua di rumah hendaknya mengambil bagian fifty-fifty (50-50) dalam hal mendidik anak-anak remaja yang telah dipercayakan Tuhan kepada kita. Dengan demikian, pendidikan anak -khususnya usia remaja- diharapkan dapat berlangsung secara optimal karena adanya jalinan kerja sama yang baik dan support yang maksimal dari pihak guru di sekolah maupun orang tua di rumah. Melalui kegiatan ini, diharapkan pihak guru di  sekolah maupun orang tua di rumah dapat bersama-sama belajar untuk lebih mengenali gejolak  anak usia remaja sehingga bisa menggunakan pendekatan yang lebih efektif dalam memahami mereka.

Kegiatan seminar dimulai sejak pukul 08.30 WIB dan berlangsung selama 2 jam. Pembicara dengan lugas membawakan materi dan sharing pengalaman sesuai topik seminar yang  kemudian ditanggapi oleh pertanyaan maupun pernyataan dari beberapa orang tua siswa terkait materi yang disampaikan.  Kegiatan seminar orang tua di SMPK PENABUR Depok masih akan berlanjut setiap bulannya selama dua bulan kedepan. Semoga kegiatan seminar ini dapat memberikan banyak manfaat bagi para orang tua dan juga para guru -sebagai orang tua kedua di sekolah- dalam menjalin komunikasi yang lebih baik dengan para siswa yang merupakan anak di usia remaja.

Penyampaian materi oleh Bp Anto

Orang tua peserta seminar

Penulis: Ibu Monica Rosalin (Guru BK SMPK PENABUR Depok)