Kunjungan Ritsumeikan University ke SPK SMAK 8 PENABUR Jakarta.

Presentasi dari Ibu Riris (Ritsumeikan University)

Jakarta – Persiapan kuliah bukan proses yang berlangsung sebentar. Dimulai dari mengumpulkan informasi, menentukan jurusan dan kampus, menyiapkan berbagai berkas, mengirim aplikasi, hingga proses seleksi tes dengan berbagai tahapan. Ibu Riris, perwakilan dari Ritsumeikan University yang datang ke SPK SMAK 8 PENABUR Jakarta (13/2) menyebutkan bahwa persiapan masuk kuliah paling lambat adalah sejak 1 tahun sebelumnya.

Dalam presentasi yang dihadiri oleh beberapa orangtua dan peserta didik kelas X dan XI ini, Ibu Riris memperkenalkan Ritsumeikan University. Kampus yang berlokasi di kota Osaka dan Kyoto, Jepang, ini  memiliki program sarjana yang menggunakan Bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar. Selain program Bahasa Inggris, tahapan pendaftaran, syarat dan kriteria, hingga program beasiswa juga dipaparkan pada kesempatan ini.

Orangtua dan peserta didik kelas X dan XI

Berbagai pertanyaan dilontarkan oleh para orangtua. Pertanyaan antara lain mengenai: biaya hidup, peluang karir setelah lulus, kemungkinan kerja part-time selama masa kuliah,  visa kerja, dan sebagainya. Tak hanya terjadi tanya-jawab,  salah seorang orangtua menyampaikan kekuatiran mengenai anaknya yang dirasa kurang aktif. Menanggapi hal ini, Ibu Riris menyampaikan bahwa orangtua tidak perlu kuatir karena sistem dan lingkungan sosial akan dengan sendirinya mendorong anak untuk menjadi aktif.

Persiapan Masuk Kuliah

Pengarahan dari Ibu Yenny Mangoendaan (Guru BK) mengenai persiapan kuliah di Jepang

Mengikuti presentasi dari perguruan tinggi seperti yang dilaksanakan di SMAK 8 adalah tahapan paling awal dari persiapan masuk kuliah, yaitu tahap mengumpulkan informasi. Pihak sekolah berusaha sebaik-baiknya untuk menjembatani kebutuhan informasi mengenai pendidikan lanjutan. Upaya pihak sekolah tak hanya menyediakan ruang temu untuk peserta didik dan orangtua dengan pihak perguruan tinggi. Pihak sekolah, melalui Guru BK juga bersedia menjadi rekan diskusi untuk menentukan pilihan jurusan atau kampus.

Kalian peserta didik kelas X dan XI? Sudah sampai mana persiapan kalian untuk masuk kuliah? Hubungi Guru BK jika butuh bantuan ya!

 

 

Penulis: Sonia Here (Staf Seksi BK & Psikoedukatif)

Baca Mengenai Kegiatan dan Layanan Seksi Bimbingan Konseling & Psikoedukatif – BPK PENABUR Jakarta:

Ikuti akun instagram kami untuk menemukan info-info terbaru! klik disini