Penyampaian materi / dokumentasi pribadi

Jakarta – Orangtua dari anak-anak remaja seringkali mengeluhkan sulitnya berkomunikasi dengan anaknya. Anak remaja tidak mau lagi menuruti perintah orangtua untuk sekedar mandi atau makan, mereka lebih asyik dengan gadget atau game online.

Dalam Kelompok Kepedulian orangtua (KKO) yang diselenggarakan di SMPK 4 PENABUR Jakarta, Sabtu, 20 Oktober 2018 lalu, dijelaskan bahwa orangtua sudah waktunya menerapkan negosiasi untuk anak remajanya. Berbeda dengan periode perkembangan sebelumnya dimana otoritas orangtua harus lebih kuat, anak remaja perlu dilatih untuk mempertimbangkan dan mengambil keputusan dengan bernegosiasi. Demikian cara orangtua dapat memenangkan hati anak. Materi yang disampaikan selama kurang lebih 2 jam dibawakan dengan santai dan disertai dengan berbagai contoh kasus masalah remaja yang pernah ditangani oleh fasilitator.

KKO kali ini adalah pertemuan pertama dari rangkaian empat kali pertemuan dalam satu tahun pelajaran yang difasilitasi oleh Bapak Agus (Ketua Bimbingan Konseling BPK PENABUR Bandung) dan dihadiri oleh orangtua siswa kelas 7 sebagai peserta.

KKO sendiri adalah parentingclass BPK PENABUR Jakarta yang diselenggarakan di jenjang SD dan SMP. Kurikulum KKO untuk jenjang SMP disusun berdasarkan buku “Let The Children Come”. Tujuan dari kegiatan ini antara lain adalah sebagai wadah untuk belajar, berdiskusi, serta bekerjasama antara para orangtua dan pihak sekolah.

Parents bisa menghubungi guru BK untuk jadwal KKO di sekolah putra dan putri 🙂 .

Peserta KKO / dokumentasi pribadi

(SH)