Penyampaian Materi oleh Ibu Henny Wirawan / dokumentasi pribadi

Jakarta – Guru BK Jenjang SMP BPK PENABUR Jakarta mendapatkan kesempatan untuk belajar bersama dalam pelatihan dengan topik Komunikasi yang Efektif. Pelatihan yang terselenggara selama dua hari, 29 – 30 Januari 2019 ini dibawakan oleh Ibu Henny Wirawan dari Meliora Learning Academy. Sebanyak 37 guru BK SMP baik program nasional maupun internasional hadir sebagai peserta.

Pada hari pertama, Ibu Henny menyampaikan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berkomunikasi. Hal-hal penting namun seringkali tidak disadari tersebut antara lain: perbedaan gender dan kecenderungannya dalam berkomunikasi, ketrampilan mendengarkan dan menyampaikan pesan, hingga bahasa tubuh dan intonasi.

Belajar “mengenali kondisi” lawan bicara dari berjabat tangan / dokumentasi pribadi

Materi yang disampaikan pada hari kedua adalah mengenai bagaimana berkomunikasi yang efektif sebagai pembicara. Para guru BK belajar mengenai teknik public speaking secara detail hingga bagaimana mengatasi gangguan-gangguan yang timbul ketika berbicara di depan umum. Beberapa guru BK berkesempatan unjuk kebolehan dalam mempresentasikan materi sekaligus mengaplikasikan hasil pelatihan.

Praktek public speaking / dokumentasi pribadi

Berdasarkan hasil evaluasi, pelatihan ini direspon sangat positif oleh para guru BK dan dirasa sangat memenuhi kebutuhan. Tak hanya sampai disini, pelatihan guru BK jenjang SMP akan dilanjutkan lagi pada bulan Februari 2019 dengan topik mengenai Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. BPK PENABUR Jakarta terus mendukung para guru untuk belajar dan mengembang diri sehingga pelayanan untuk siswa-siswa dapat makin optimal.

Foto bersama / dokumentasi pribadi

Penulis: Sonia Here (Staf BK & Psikoedukatif)

Baca berita pelatihan lainnya: