Self regulation atau regulasi diri adalah salah satu kemampuan hidup yang penting untuk dikuasai. Kemampuan ini mendukung kita untuk hidup secara teratur dan konsisten, serta fokus pada tujuan yang yang ingin dicapai. Adanya perubahan  keseharian karena pandemi menjadi tantangan tersendiri bagi kita untuk lebih mengembangkan kemampuan regulasi diri ini. Oleh karena itu, sebuah pelatihan singkat bagi Guru BK BPK PENABUR Jakarta telah diadakan untuk mendukung guru BK mengembangkan kemampuan regulasi diri. Tujuan dari pelatihan ini, guru BK tidak hanya mengembangkan diri tetapi diharapkan juga dapat mendukung para siswa untuk mengembangkan kemampuan regulasi dirinya.

Pelatihan yang diadakan secara online pada 15 September 2020 ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan MGBK Gabungan yang dihadiri oleh semua guru BK BPK PENABUR Jakarta. Materi pelatihan ini dibawakan oleh Ibu Ellen Patricia, MA (Counseling), ACC, atau yang biasa disapa dengan Ibu Ellen. Ibu Ellen adalah seorang professional coach dan konselor. Beliau juga adalah pimpinan Yayasan Busur Emas yang fokus bergerak di bidang coaching, counseling, dan education.

peserta pelatihan Self Regulation
Negative Self-Talk

Dalam materi yang disampaikannya, salah satu yang ditekankan oleh Ibu Ellen adalah agar kita menghentikan negative self-talk. Hal negatif yang seringkali tanpa kita sadari kita perkatakan pada diri sendiri telah menghambat regulasi diri kita. Dengan menghentikan negative self-talk kita dapat membangun pola regulasi diri yang baru dan lebih baik. Selain itu, melatih regulasi diri juga dapat dipraktikkan dengan berlatih pernafasan dalam. Pernafasan yang dalam membantu kita untuk lebih peka pada suara, aroma, dan raba. Kepekaan ini membantu kita untuk dapat memberikan respon yang lebih tepat ketika kita berada dalam kondisi tertekan. Respon yang tepat membuat kita tidak mudah terganggu oleh emosi negatif sehingga dapat tetap fokus pada tujuan hidup yang ingin dicapai.

tanya-jawab

Pelatihan ‘Self Regulation’ ini ditutup dengan berlatih pernafasan dalam secara bersama-sama dan sesi tanya jawab. Secara keseluruhan pelatihan singkat yang berlangsung selama dua jam ini berlangsung dengan baik dan lancar. Meskipun berada di lokasi masing-masing, peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan antusias. Keterlibatan aktif peserta nampak jelas pada sesi latihan pernafasan dalam dan tanya jawab.

(sh)

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!