Pandemi yang telah berlangsung sejak awal tahun 2020 membuat berbagai perubahan semakin cepat terjadi, khususnya juga dalam dunia pendidikan. Perberlakuan pembelajaran jarak jauh (PJJ), hingga saat ini telah dimulai pertemuan tatap muka terbatas (PTMT) di beberapa sekolah di BPK PENABUR Jakarta. Para guru dituntut untuk terus bekerja keras dalam proses adaptasi dimana banyak kondisi dan tantangan baru yang belum pernah ada sebelum pandemi. Diperlukan pribadi yang tangguh untuk dapat bertahan dengan baik.

Hal inilah yang menjadi latar belakang diangkatnya subtema “Menjadi Guru BK yang Tangguh di Tengah Pandemi” dalam kegiatan Counselors’ Fair yang telah terselenggara pada 27 November 2021. Kegiatan dua tahunan ini telah mengulang sukses untuk ketiga kalinya dengan tema besar “RECAS: Reaching, Caring, Sharing”. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh guru BK PENABUR dari 15 kota ini berlangsung melalui zoom dari pukul 07.20 -15.00 WIB. Tercatat sebanyak 270 orang peserta dan tamu undangan bergabung dalam ruang zoom.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan doa pembuka oleh Ibu Etiwati, Deputi Direktur Pelaksana I BPK PENABUR Jakarta, dan kata sambutan oleh Bp. Antono Yuwono, Ketua BPK PENABUR Jakarta. Selanjutnya, seminar pertama dengan tema “Coping Stress Strategy Guru BK di Masa Pandemi” dibawakan dengan sangat enerjik oleh Dr. Christin Wibhowo, dosen Fakultas Psikologi UNIKA Soegijapranata Semarang. Kemudian, seminar kedua dengan tema “Panduan Operasional Penyeleggaraan (POP) BK” sebagai pengingat dan pendalaman bagi para guru BK, dibawakan oleh Dr. Aip Badrujaman, M.Pd, dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Jakarta.

Setelah dua sesi seminar, Kegiatan Counselors’ Fair berlanjut dengan membahas berbagai tema dalam kelas kepita selekta yang difasilitasi oleh para profesional di bidangnya. Kapita selekta ini dapat diikuti oleh para peserta guru BK dengan memilih satu dari delapan kelas yang tersedia. Kelas kapita selekta yang tersedia, yaitu:

  • * Pembuatan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) yang tepat sasaran, difasilitasi oleh Henny Christine Mamahit, M.Pd, dosen UNIKA Atma Jaya Jakarta.
  • * Cara Praktis Berbicara dengan Siswa Mengenai Karir, difasilitasi oleh Kristin Rahmani, M.Psi., Psikolog, dosen Universitas Maranatha Bandung.
  • * Doodle Test, difasilitasi oleh Fidelis Waruwu, M.Sc.Ed sebagai certified doodle test trainer.
  • * Eksplorasi Zoom dan Media Interaktif Lainnya, difasilitasi oleh Dominikus David Biondi Situmorang, S.Pd., M.Pd., M.Si., CT., CPS., CBNLP, dosen UNIKA Atma Jaya Jakarta.
  • * Konseling Virtual: Teknik, Prosedur, Media, dan Etika, difasilitasi oleh Drs. Paulus Hidajat, M.Psi., Psikolog, dosen Universitas Maranatha Bandung.
  • * How to Connect with Young Generation, difasilitasi oleh Monic Christian, praktisi dari Tes Bakat Indonesia.
  • * Pendampingan Siswa di Masa New Normal (Kembali ke Sekolah), difasilitasi oleh Pinkan Margaretha Indira, M.Psi., Psikolog, dosen Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA)
  • * Membantu Siswa Mengembangkan Self Regulation dan Executive Functioning Skills, difasilitasi oleh Dr. Lucia R.M. Royanto, M.Si., M.Sp.Ed.,Psikolog, dosen Universitas Indonesia.

Rangkaian kegiatan yang telah dipersiapkan dengan sangat apik oleh panitia ini disambut positif oleh para peserta dan tamu undangan. Bahkan, banyak peserta melalui form evaluasi menyatakan apresiasinya pada pemilihan tema dan pembicara yang sesuai dengan kebutuhan terkini guru BK. Semoga kegiatan yang baik ini dapat terus berlanjut sebagai wadah pengembangan kompetensi dan kebersamaan guru BK se-BPK PENABUR.

(SH)

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!