Menjalani peran sebagai guru BK menciptakan beragam kesan tersendiri bagi masing-masing pribadi. Keunikan tiap siswa, komunikasi dengan orang tua, hingga kerjasama dengan rekan sejawat dapat menjadi pemicu semangat tetapi dapat juga menjadi tantangan. Lebih lagi, bagi pribadi yang baru terjun sebagai guru BK. Oleh karena itu, adanya kegiatan pembekalan guru BK baru dipandang penting oleh BPK PENABUR Jakarta.

BPK PENABUR Jakarta secara rutin menyelenggarakan kegiatan pembekalan guru BK baru setiap tahun pelajaran. Kegiatan ini sengaja dilaksanakan pada pertengahan semester ganjil agar para guru BK baru sempat melakoni peran sebagai guru BK setidaknya sejak awal tahun pelajaran. Tujuannya, agar para guru BK baru telah mengenal ladang pelayanan untuk kemudian dijadikan bahan diskusi dan tukar pengalaman dalam kegiatan pembekalan. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menyatukan nilai, yaitu untuk memiliki hati sebagai konselor kristiani yang profesional dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan ketentuan organisasi profesi.

Pembekalan guru BK baru T.P. 2021/2022 telah terlaksana pada Senin dan Selasa, 15 dan 16 November 2021. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini diikuti oleh 7 guru BK baru dari jenjang SD, SMP, dan SLTA. Beragam topik yang dibahas untuk membekali para guru BK baru, antara lain:

  • * Spirit BK, difasilitasi oleh Bp. Christian Imas, Kepala Seksi BK dan Psikoedukatif BPK PENABUR Jakarta.
  • * Kompetensi Guru BK, difasilitasi oleh Ibu Bernadette Rusmini, guru BK SMAK 7 PENABUR Jakarta.
  • * Etos Kerja, difasilitasi oleh Bp. Galih Laksita, guru BK SDK 1 PENABUR Jakarta, sekaligus Koordinator BK Jenjang SD PENABUR Jakarta.
  • * BK Komprehensif, difasilitasi oleh Ibu Anastasia Priliantini, guru BK SMAK 1 PENABUR Jakarta.
  • * Studi Kasus, difasilitasi oleh Bp. Christian Imas.
  • * Tantangan BK di Sekolah, difasilitasi oleh Ibu Patricia Tumilisar, guru BK SMPK 2 PENABUR Jakarta.

Pada hari kedua, kegitan ini ditutup dengan pengikraran komitmen sebagai guru BK serta penyematan pin secara simbolis sebagai kesiapan para guru BK baru untuk melayani siswa. Pin ini bertulisakan motto BK PENABUR Jakarta, yaitu I am a counselor wherever I am  yang adalah pengingat bagi para guru BK pada jati dirinya sebagai konselor dimanapun ia ditugaskan nantinya.

(SH)

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!