Mempersiapkan Tahun Pelajaran 2021/2022 yang akan diselenggarakan dengan sistem Hybrid Learning untuk untuk jenjang tertentu, BPK PENABUR Jakarta telah mengadakan Seminar Guru BK. Guru BK berperan sebagai konselor yang mendampingi siswa dipandang perlu mendapat pembekalan khusus agar fungsinya dalam membangun sistem dukungan psikososial bagi siswa maupun orang tua dapat tercapai dengan baik. Seminar Guru BK ini telah terlaksana pada Selasa, 8 Juni 2021, dihadari oleh semua Guru BK BPK PENABUR Jakarta dan Setempat.

Seminar Sesi Kedua

Judul seminar ini adalah Sistem Dukungan dalam Merawat Kesehatan Psikosial pada Masa Pandemi. Seminar ini terdiri dari dua sesi yang disampaikan oleh dua narasumber yang berbeda. Sesi pertama berjudul Kesehatan Psikosial dan Mengelola Stress. Ibu Dra. Rinny Soegiyoharto, Psikolog, atau yang biasa disapa Ibu Rinny, yang juga adalah sekretaris HIMPSI Jaya membawakan materi dengan sangat lugas. Menurut Ibu Rinny, penting bagi Guru BK untuk dapat mengelola stress pada diri sendiri lebih dulu sebelum memberikan pertolongan bagi konseli atau siswa. Dalam sesi yang berlangsung selama kurang lebih dua jam ini, Ibu Rinny juga memberikan trik-trik mengecek tingkat stress serta bagaimana memberikan pertolongan pertama pada konseli yang menunjukkan gejala stress.

Seminar Sesi Kedua

Seminar sesi kedua berjudul Merawat Diri, Merawat Orang Lain, dan Membangun Sistem Dukungan. Sesi ini dibawakan oleh Ibu Dra. Eunike Sri Tyas Suci, Ph.D., Psikolog yang adalah Ketua Asosiasi Psikologi Kesehatan Indonesia sekaligus juga pengajar tetap di Fakultas Psikologi Universitas Atmajaya Jakarta. Ibu Tyas, demikian beliau biasa disapa, membuka sesi ini dengan sangat menarik. Sebelum masuk ke penyampaian materi, Ibu Tyas mengajak para peserta untuk mengecek sendiri emosi yang dirasakan. Pesan penting yang beliau sampaikan adalah bahwa ekspresi emosi adalah manusiawi, baik yang positif maupun negatif. Seminar yang berlangsung selama setengah hari ini ditutup dengan sesi tanya jawab dengan kedua narasumber yang dimoderatori oleh Bapak Indra Tanuwijaya, M.Psi., Psikolog yang adalah Psikolog Jenjang SMP – SLTA BPK PENABUR Jakarta. Selama seminar berlangsung, terjadi interaksi yang dinamis antara narasumber dan peserta sehingga diharapkan para peserta dapat menerima dengan baik setiap materi yang disampaikan.

(SH)

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!