MGBK Gabungan adalah kegiatan setahun sekali yang mempertemukan seluruh Guru BK BPK PENABUR Jakarta dari jenjang SD – SLTA. Pada Tahun Pelajaran 2021/2022 ini, MGBK Gabungan telah dilaksanakan pada Selasa, 21 September 2021 lalu. Kegiatan ini berlangsung secara daring dari pukul 07.30 – 11.30 WIB.

Setelah dibuka dengan renungan pagi bersama serta pembacaan Visi, Misi, dan Motto BK; Bapak Hendra Siswana, selaku Wali Pengurus Bagian Lapendik berkesempatan untuk menyampaikan sambutan. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Seminar Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal yang dibawakan oleh Samiton Pengellah, M.Pd atau yang biasa di sapa dengan Kak Sam.

Penyampaian materi seminar oleh Kak Sam

Pada materi yang di sampaikan, Kak Sam menekankan pada pentingnya memiliki relasi intrapersonal yang sehat untuk dapat menjalin relasi interpersonal yang baik. Seorang yang memiliki relasi intrapersonal yang sehat memiliki kesadaran penuh bahwa dirinya berharga. Tidak mensyaratkan perbuatan baik terlebih dahulu untuk menjadi berharga, tetapi diri pada keberadaannyalah yang berharga. Guru BK diharapkan dapat membangun relasi intrapersonal yang sehat sehingga akan mudah untuk menjalin relasi interpersonal yang baik dengan sesama, termasuk keluarga, rekan kerja, dan siswa.

Setelah seminar yang berlangsung dari pukul 08.00-10.00 WIB ini, kegiatan dilanjutkan dengan pengarahan dari Ibu Kumalasari Onggobawono (Kepala Divisi Pendidikan) dan Bapak Theo Kurniadi (Kepala Divisi Internasional). MGBK Gabungan kemudian ditutup dengan perkenalan guru BK dari semua jenjang dan Ice Breaking. Selain MGBK Gabungan, Guru BK se-BPK PENABUR Jakarta juga akan berkempatan untuk bertemu lagi pada kegiatan Counselors’ Fair yang akan diadakan pada 27 November 2021. Kegiatan yang mengusung tema besar Reaching, Caring, Sharing (ReCaS) ini terdiri dari 2 kali seminar dan 8 kelas kapita selekta yang dapat dipilih oleh guru BK sebagai peserta. Topik-topik yang akan dibahas dalam seminar dan kapita selekta adalah topik terkini untuk memperkaya dan memperluas wawasan guru BK dalam tugas pelayanan di sekolah.

(SH)

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!