Dunia sekarang berada dalam kondisi krisis seksual. Pernyataan ini dilontarkan oleh Dr. Jane Savitri, M.Si., Psikolog (Dosen Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha) ketika membuka penyampaian materi dalam Pelatihan Guru BK Jenjang SMP BPK PENABUR Jakarta, 15 Februari 2022 melalui Zoom Meeting.

Menjelaskan pernyataannya tersebut, Ibu Jane memaparkan data hasil penelitian dari Komnas Perlindungan Anak yang menyebutkan bahwa pelajar SMP-SMA di beberapa kota di Indonesia; 97% pernah menonton film porno; 93,7% pernah berciuman, petting, dan oral seks; 62,7% pelajar SMP mengaku sudah tidak perawan lagi; dan 21,2% pelajar SMA pernah aborsi. Kondisi krisis seksualitas remaja ini adalah tantangan bagi para orang tua.

Meskipun tanggung jawab pendampingan remaja utamanya ada pada orang tua, guru (dalam hal ini guru BK) sebagai orang dewasa yang turut mendampingi tumbuh kembang siswa, berperan penting untuk “menutup celah” yang mungkin terlewatkan oleh para orang tua.

Oleh karena itu, BPK PENABUR Jakarta melihat adanya urgency untuk memantapkan kesiapan para guru BK melalui kegiatan pelatihan. Pelatihan ini sendiri bertujuan agar para guru BK memahami isu-isu terkini tentang perkembangan seksualitas remaja  dan tantangan-tangannya, serta mampu mendampingi siswa dalam perkembangan identitas jender yang sehat.

Pelatihan ini dibagi menjadi 3 sesi. Pada sesi pertama, Ibu Jane mengupas tuntas tentang isu-isu terkini serta teori-teori perkembangan seksualitas sebagai landasan. Pada sesi berikutnya,  materi yang disampaikan masuk pada tindakan praktis, yaitu psikoedukasi untuk mencegah dan mengatasi masalah seksualitas remaja. Kemudian pada sesi terakhir, para guru BK diberi kesempatan untuk berdiskusi dalam kelompok kecil untuk menyusun program pendidikan seksualitas untuk disampaikan pada siswa maupun orang tua.

Pelatihan ini adalah pelatihan Guru BK terakhir pada Tahun Pelajaran 2021/2022. Pada Tahun Pelajaran berikutnya, BPK PENABUR Jakarta akan kembali mengadakan pelatihan bagi pada guru BK dengan topik-topik terkini agar terus dapat memberikan Layanan BK terbaik bagi siswa dan orang tua.

(SH)

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!