Salah satu teknik untuk menangani perilaku maldaptif remaja adalah dengan Behavior Therapy. Teknik ini menekankan pada penguatan perilaku yang diharapkan dan mengurangi perilaku yang tidak diharapkan/maladaptif. Penerapan teknik ini tentu bukanlah hal baru bagi para Guru BK Jenjang SLTA BPK PENABUR Jakarta. Meskipun demikian, kegiatan pelatihan yang terselenggara secara daring pada Selasa 25 Januari 2022 lalu telah menjadi kesempatan bagi para guru BK untuk kembali mendalami Behavior Therapy baik secara teori maupun praktis.

Pelatihan dengan tema Behavior Therapy ini dibawakan oleh Caroline Lisa Setia Wati, M.Pd., Kons (Kaprodi BK Universitas Atma Jaya Jakarta) dan Bapak Steven Ebeniezer. Kegiatan dibuka oleh Ibu Enche Gunawan selaku Kepala Jenjang SLTA BPK PENABUR Jakarta. Selanjutnya, penyampaian materi oleh Ibu Caroline Lisa dan Bapak Steven berlangsung secara interaktif. Studi kasus dan diskusi dalam kelompok-kelompok kecil menjadi momen bagi para guru BK untuk mengasah penerapan Behavior Therapy dalam situasi nyata.

Kegiatan pelatihan 1 hari ini berlangsung secara baik dan lancar. Para peserta menyampaikan apresiasi positif melalui evaluasi maupun secara langsung saat kegiatan. Salah satu peserta menyatakan bahwa materi yang disampaikan menjadi bahan refleksi tersendiri apakah selama ini telah menerapkan teknik Behavior Therapy secara tepat saat memberikan layanan BK pada siswa.

BPK PENABUR Jakarta akan terus mengadakan berbagai pelatihan agar para guru BK terus meng-upgrade diri sehingga dapat terus memberikan layanan BK terbaik bagi siwa.

(SH)

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!