Setiap generasi memiliki karakteristik yang berbeda. Inilah sebabnya kita memiliki nama atau sebutan yang berbeda bagi tiap generasi. Antara lain adalah generasi Z dan Alpha yang saat sekarang duduk di bangku SMP.

Hal ini rupanya menjadi tantangan tersendiri bagi profesi guru BK. Sebab, perbedaan karakteristik membuat tiap generasi membutuhkan pendekatan yang berbeda. Pemahaman tentang berbagai ilmu konseling yang telah dikuasi oleh Guru BK perlu diasah kembali. Tujuannya, agar tetap dapat mendarat dengan tepat untuk menolong dan membantu siswa yang merupakan generasi Z dan Alpha ini.

Kondisi inilah yang menjadi latar belakang diadakannya pelatihan Guru BK SMP BPK PENABUR Jakarta. Yaitu, Pelatihan Desan Pendekatan dan Teknik Konseling. Pelatihan 1 hari pada Selasa, 24 Januari 2023 ini menghadirkan Dr. Mona Sugianto, M.Psi, Psi sebagai pembicara.

Jalannya Kegiatan Pelatihan

Pelatihan dimulai pada pada pukul 07.15 diawali dengan renungan pagi bersama serta pembacaan Visi, Misi, dan Motto BK. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Ruth I. Mahayati selaku Kepala Jenjang SMP BPK PENABUR Jakarta.

Sesi pertama kemudian dimulai dengan pembahasan mendalam tentang karakteristik generasi Z dan Alpha. Ibu Mona menjelaskan tentang setidaknya 10 hal yang berubah pada dua generasi ini apabila dibandingkan dengan generasi milenial dan sebelumnya.

Perubahan-perubahan ini menjadi menyebab para guru BK kesulitan dalam menerapkan ilmu dan pendekatan. Padahal, dasar-dasar ilmu konseling dan psikologi sebenarnya masih tetap sama.

Namun, desain pendekatannya wajib diperbaharui agar guru BK yang berasal dari generasi yang lebih tua dapat memahami dan terkoneksi dengan para siswa yang merupakan generasi Z dan Alpha.

Selama penyampaian materi, Ibu Mona terus memberikan contoh-contoh praktis. Hal ini sangat membantu Guru BK untuk menerapkan materi pelatihan ke dalam tugas pelayanan sehari-hari.

Di Akhir sesi yang kedua, Ibu Mona memberikan 3 contoh kasus. Guru BK kemudian diminta untuk menyusun desain pendekatan yang akan diterapkan berdasarkan materi pelatihan. Peserta diberi kesempatan untuk mengerjakannya secara mandiri dan berdiskusi dalam kelompok.

Ringkasan Materi Pelatihan

Selain membahas tentang karakteristik generasi Z dan Alpha, Ibu Mona juga kembali mengingatkan guru BK mengenai dasar-dasar teknik konseling. 6 Keterampilan minimal yang wajib dikuasi oleh Guru BK dalam proses konseling adalah sebagai berikut:

  • * Minimum Response

Respon minimal penting untuk membuat klien atau siswa merasa didengarkan. Guru BK dapat menunjukkan respon minimal dengan ekspresi wajah dan gestur tubuh.

  • * Bertanya

Sedangkan bertanya adalah bagian untuk menggali informasi lebih dalam tentang kondisi siswa. Guru BK dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan terbuka agar siswa lebih memiliki kebebasan dalam menjawab.

  • * Parafrase

Adalah bagian dimana Guru BK mengulang kembali informasi dari siswa dengan bahasa sendiri. Proses ini penting untuk memastikan pemahaman informasi dari siswa oleh Guru BK.

  • * Reframing

Adalah proses ketika Guru BK mendorong siswa untuk memiliki sudut pandang baru tentang masalah yang sedang dihadapinya.

  • * Kesimpulan

Sedangkan kesimpulan bagian dimana siswa mendapatkan sari-sari pembelajaran dari diskusi atau konseling dengan Guru BK.

  • * Konfrontasi

Terakhir adalah konfrontasi. Teknik ini diterapkan ketika Guru BK mendorong siswa untuk menantang atau menerobos tantangan yang ada dihadapannya.

Sedangkan teknik tingkat lanjut yang juga dapat diterapkan adalah sebagai berikut:

  • * Humor

Adalah teknik untuk mencairkan suasana dan mengkritik tanpa menyakiti klien.

  • Story Telling

Adalah teknik untuk mendorong klien mendapatkan insight dengan menceritakan kisah tertentu.

  • * Asesmen

Melakukan penilaian atau tes tertentu sesuai dengan kebutuhan klien untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai kondisi klien.

  • * Balancing

Adalah teknik untuk menenangkan dan memotivasi klien sehingga klien merasa seimbang.

Pelatihan Guru BK Berikutnya

BPK PENABUR Jakarta rutin mengadakan pelatihan untuk Guru BK untuk masing-masing jenjang. Setelah pelatihan untuk Guru BK SMP yang telah berlangsung pada 24 Januari 2023 ini, berikutnya adalah pelatihan untuk Guru BK SLTA yang direncanakan pada 21 Februari 2023. Pelatihan tersebut akan mengupas tentang Sacks Sentence Completion Test (SSCT).

(SH)

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!