Selasa, 22 November 2022, Guru BK jenjang SD BPK PENABUR Jakarta mengikuti pelatihan internal dengan tema Konsep dan Praksis Asesmen BK. Ini adalah kesempatan yang baik untuk mempertajam keterampilan para Guru BK dalam melakukan asesmen kondisi peserta didik.

BPK PENABUR Jakarta memang sangat fokus untuk mendukung para guru melakukan pengembangan diri yang berkelanjutan. Pada Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) sendiri, diadakan pelatihan dengan tema yang berbeda setiap Tahun Pelajaran pada tiap jenjang.

Hal ini penting, karena guru BK pada setiap jenjang menghadapi situasi dan kondisi peserta didik yang berbeda dari tahun ke tahun.

Pelatihan Konsep dan Praksis Asesmen BK

Pada Tahun Pelajaran 2022/2023, topik pelatihan untuk Guru BK jenjang SD adalah mendalami tentang Konsep dan Praksis Asesmen BK. Profesional yang menjadi narasumber pada pelatihan ini adalah Dr. Karsih, M.Pd. Beliau adalah dosen prodi Bimbingan dan Konseling dari Universitas Negeri Jakarta.

Pelatihan yang dibuka dengan sambutan dari Ibu Sukarni, kepala jenjang SD BPK PENABUR Jakarta, ini berlangsung dalam 1 hari dan terdiri dari 3 sesi. Dalam pelatihan ini guru BK belajar tentang berbagai metode asesmen BK yang sesuai untuk peserta didik SD.

Meskipun pada dasarnya bukan hal baru, namun pada kesempatan ini guru BK dapat langsung bertanya dan berdiskusi dengan narasumber maupun guru BK yang bertugas di sekolah yang berbeda di BPK PENABUR Jakarta. Narasumber banyak memberikan masukan dan koreksi agar berbagai metode asesmen yang dilakukan oleh guru BK selama ini dapat semakin baik. Yaitu, semakin lengkap dan utuh data yang diperoleh sehingga dapat diputuskan rekomendasi penanganan siswa dengan tepat.

Sedangkan mengenai penyampaian materi, narasumber menggunakan metode ceramah dan workshop. Guru BK diminta untuk langsung mempraktekkan salah satu metode asesmen, yaitu observasi. Kemudian, hasil observasi menjadi materi diskusi bersama.

Evaluasi Pelatihan

Hasil evaluasi pelatihan menunjukkan bahwa para peserta guru BK merespon positif terhadap keseluruhan kegiatan pelatihan. Materi yang mengena dan bermanfaat untuk tugas pekerjaan sehari-hari adalah salah satu alasannya.

Selain itu, para guru BK SD juga memberikan usulan untuk topik pelatihan yang perlu diadakan pada Tahun Pelajaran 2023/2024. Pengumpulan informasi semacam ini penting untuk mengakomodir kebutuhan pengembagan ilmu dan keterampilan para guru BK.

(SH)

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!