Kegiatan pembekalan Guru BK Baru Tahun Pelajaran 2022/2023 telah berlangsung pada Senin-Selasa, 24-25 Oktober 2022. Sebanyak 23 Guru BK baru dari jenjang SD – SLTA hadir secara daring sebagai peserta. Ibu Lidya Ida Fatonah, selaku Kepala Bagian Lapendik, hadir dan menyampaikan sambutan untuk membuka kegiatan ini.

Materi Pembekalan Guru BK Baru

Kegiatan ini menjadi wadah bagi para guru BK baru mempersiapkan diri sekaligus menyatukan visi misi sebagai konselor kristiani yang bertugas di sekolah. Terbagi menjadi 6 sesi, materi yang dibahas dalam kegiatan ini antara lain:

  • 1. Spirit BK yang difasilitasi oleh  Bapak Christian Imas, selaku Kasie BK & Psikoedukatif.

Sesi ini membahas secara mendalam mengenai nilai-nilai yang menjadi tujuan bersama, antara lain Visi, Misi, Logo, dan Motto BK BPK PENABUR Jakarta.

  • 2. Kompetensi Guru BK yang difasilitasi oleh Bapak Chandra Jon Trafolta, selaku Guru BK SMAK 7 PENABUR Jakarta sekaligus Koordinator Guru BK Jenjang SLTA.

Sesi kedua banyak mengupas mengenai kompetensi-kompetensi yang perlu dimiliki dan perlu terus dikembangkan oleh para guru BK BPK PENABUR Jakarta.

  • 3. Etos Kerja yang difasilitasi oleh Ibu Dian Mustika Sari, selaku Guru BK SDK 9 PENABUR Jakarta.

Sedangkan dalam sesi terakhir pada hari pertama ini, para guru BK baru belajar mengenai etos kerja dari para tokoh pendidikan. Salah satunya adalah Ki Hajar Dewantara.

  • 4. BK Komprehensif yang difasilitasi oleh Ibu Brigitta J. Tumilisar, selaku Guru BK SMPK 6 PENABUR Jakarta.

Hari kedua dibuka dengan sesi yang membahas mengenai BK Komprehensif. Antara lain mengenai Layanan Dasar, Layanan Responsif, Layanan Perencanaan Individual, dan Dukungan Sistem.

  • 5. Studi Kasus yang difasilitasi oleh  Bapak Christian Imas, selaku Kasie BK & Psikoedukatif

Setelah banyak belajar hal yang teoritis, pada sesi ini guru BK baru berkesempatan untuk belajar secara praktis tentang kasus-kasus yang mungkin terjadi di sekolah. Sesi ini adalah sesi diskusi interaktif.

  • 6. Tantangan BK di Sekolah yang difasilitasi oleh Ibu Oki Kartika Febriani, selaku Guru BK SMAK PENABUR Bintaro Jaya.

Sesi terakhir adalah tentang gambaran tantangan-tantangan yang akan dihadapi oleh para guru BK di sekolah.

Tak hanya penyampaikan materi, pada akhir kegiatan juga dilakukan prosesi penyematan pin BK secara simbolis. Sebuah pin mungil bertuliskan Motto BK, yaitu I am Counselor Wherever I am akan diterima oleh semua peserta pembekalan guru BK baru.

Selain sebagai tanda bahwa para guru BK baru telah menyelesaikan pembekalan, Motto BK juga menjadi pengingat identitas diri bagi setiap guru BK.

Kesan Peserta Pembekalan Guru BK Baru

Peserta kegiatan pembekalan guru BK tahun ini terbilang cukup banyak, yaitu 23 guru BK baru. Hal ini disebabkan oleh penyesuaian kebutuhan guru BK di jenjang SD. Dimana, berdasar hasil evaluasi, beberapa SDK PENABUR Jakarta membutuhkan lebih banyak guru BK untuk mendukung proses belajar mengajar secara keseluruhan.

Kegiatan ini direspon dengan sangat baik oleh semua peserta. Tahun pelajaran yang telah dimulai sejak bulan Juli memberi gambaran tugas dan tantangan guru BK di sekolah. Sehingga, pembekalan yang dilaksanakan pada bulan Oktober menjadi wadah untuk mengupas dan berdiskusi mengenai kondisi-kondisi yang telah ditemui di sekolah.

Salah satu topik yang didiskusikan bersama dalam kegiatan ini adalah tentang Home Visit. Perbedaan perilaku yang ditunjukkan siswa di sekolah dan di rumah menjadi latar belakang dibutuhkannya tindakan ini. Guru BK di sekolah dapat bekerjasama dengan Wali Kelas dan Wakil Kepala Sekolah melakukan Home Visit. Dengan demikian, guru BK akan mendapat gambaran yang lebih utuh tentang kondisi siswa sehingga dapat memberikan bantuan yang tepat.

Pelatihan Guru BK BPK PENABUR Jakarta

BPK PENABUR Jakarta tidak berhenti pada kegiatan pembekalan guru BK baru. Kegiatan pelatihan guru BK sesuai kebutuhan setiap jenjang juga diadakan setiap tahunnya. Hal ini penting untuk mendukung pengembangan pribadi dan kompetensi guru BK secara berkelanjutan.

Beberapa kegiatan pelatihan yang terjadwal pada Tahun Pelajaran 2022/2023 adalah sebagai berikut:

  1. Pelatihan Konsep dan Praksis Asesmen BK untuk Guru BK Jenjang SD yang akan diadakan pada 22 November 2022
  2. Pelatihan Desain Pendekatan dan Teknik Konseling untuk Guru BK Jenjang SMP yang akan diadakan pada 23 Januari 2023
  3. Pelatihan Sack Sentence Completion Test (SSCT) untuk Guru BK Jenjang SLTA yang akan diadakan pada 21 Februari 2023

Penutup

BPK PENABUR Jakarta menyadari peran penting Guru BK dalam mendukung proses belajar mengajar secara keseluruhan. Oleh karena itu, membekali guru BK dengan nilai, ilmu, dan kompetensi yang dibutuhkan adalah prioritas.

(SH)

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!