Curang tidak akan memberimu apa-apa. Jika Anda melakukannya, Anda akan segera membayarnya.

Suatu hari, seorang petani sedang mencari sumber air untuk ladangnya. Ia kemudian membeli sebuah sumur dari tetangganya. Namun, tetangga itu licik. Keesokan harinya, ketika petani datang untuk menimba air dari sumurnya, tetangganya menolak untuk membiarkan dia mengambil air.

Ketika petani bertanya mengapa, tetangganya menjawab, “Saya menjual sumurnya, bukan airnya,” dan pergi. Bingung, petani tersebut pergi ke kaisar untuk meminta keadilan. Dia menjelaskan apa yang telah terjadi.

Kaisar memanggil Birbal, salah satu dari sembilan anggota istananya yang paling bijaksana. Birbal melanjutkan untuk menanyai tetangganya, “Mengapa kamu tidak membiarkan petani mengambil air dari sumur? Apakah kamu memang menjual sumur itu kepada petani?”

Tetangga itu menjawab, “Birbal, saya memang menjual sumur itu kepada petani tetapi tidak menjual air di dalamnya. Dia tidak berhak menimba air dari sumur itu.”

Birbal berkata, “Dengar, karena kamu menjual sumur, kamu tidak berhak menyimpan air di sumur petani. Entah kamu membayar sewa kepada petani, atau segera mengambilnya.” Menyadari bahwa rencananya telah gagal, tetangga tersebut meminta maaf dan pulang.

Pesan Moral: Jangan berbuat curang

(diadaptasi dan disesuaikan dari https://momlovesbest.com/)

Cerita Inspiratif lain..

Angsa Bertelur Emas

Jangan Menghitung Ayam Sebelum Menetas

Mawar dan Kaktus

Anggur Asam