Seorang anak laki-laki dan perempuan sedang menikmati sore yang menyenangkan dengan bermain bersama di luar di luar rumah.

Anak laki-laki itu menunjukkan kepada gadis itu koleksi kelereng yang indah dan unik. Pada gilirannya, gadis itu menunjukkan kepada bocah laki-laki itu segenggam permen yang baru saja dia dapatkan sebagai hadiah ulang tahunnya.

Anak laki-laki itu mengusulkan agar mereka berdua bertukar. Yaitu, bahwa dia akan memberikan semua kelerengnya jika gadis itu juga menyerahkan semua permennya. Gadis itu setuju, karena dia merasa kelereng itu juga cantik.

Anak laki-laki itu menyerahkan semua kelerengnya. Tetapi, menyimpan satu yang paling indah dari semuanya di sakunya. Sedangkan gadis itu menepati janjinya dan memberi anak laki-laki itu semua permennya.

Malam itu, gadis itu senang dengan pertukaran itu dan pergi tidur dengan tenang.

Di sisi lain, anak laki-laki itu, bagaimanapun, tidak bisa tidur, karena dia bertanya-tanya. Ia berpikir apakah gadis itu juga diam-diam menyimpan beberapa permennya, seperti yang dia lakukan dengan kelereng.

Pesan Moral:

Jika kamu tidak memberi 100% dalam sebuah relasi, kamu akan selalu menganggap bahwa orang lain juga tidak memberi 100%.

Jika kamu ingin sebuah relasi dibangun di atas kepercayaan, maka kamu harus menjadi faktor yang berpartisipasi di dalamnya. Pahamilah bahwa kejujuran menumbuhkan karaktermu

(diadaptasi dari https://www.developgoodhabits.com/inspirational-stories/)

Cerita Inspiratif lain..

Rahasia Kesuksesan

Pertanyaan Seekor Anak Unta

Mengelola Kemarahan

Bermain dan Bekerja