Suatu hari, seorang pria pedagang datang ke istana Akbar dengan harapan mendapat bantuan dari kebijaksanaan Birbal. Birbal adalah teman Akbar yang menjadi penasihat pengeran itu. Pedagang tersebut curiga ada salah seorang pegawainya yang mencuri miliknya.

Birbal yang pandai memikirkan sebuah rencana untuk memecahkan masalah ini. Ia memberikan tongkat dengan panjang yang sama kepada semua pegawai pedagang tersebut. Dia juga mengatakan kepada mereka bahwa tongkat itu akan tumbuh tiga inci besok jika mereka adalah pencurinya.

Keesokan harinya, semua pegawai pedagang tersebut berkumpul di sekitar Birbal. Dia memperhatikan bahwa salah satu tongkat pegawai itu lebih pendek tiga inci dari yang lain. Maka, Birbal segera mengerti siapa pencurinya.

Pencuri itu telah memotong tongkat itu lebih pendek tiga inci karena dia mengira tongkat itu akan tumbuh tiga inci. Karena itu, perbuatannya telah terbukti.

Pesan moral dalam cerita: Kebenaran akan selalu terungkap dengan satu atau lain cara. Jadi, lebih baik jujur saja sejak awal.

(diadaptasi dengan penyesuaian dari https://www.upcyclerslab.com/blogs/upcyclers-lab-blog/12-must-read-moral-stories-for-kids)

Cerita Inspiratif lain..

Persahabatan Monyet dan Buaya

Bagaimana Berpikir di Luar Kotak

Tiga Babi Kecil

Guru dan Murid