Tiga babi kecil dikirim ke dunia luar oleh ibu mereka untuk belajar. Ketiga babi itu, semuanya memutuskan untuk membangun rumah sendiri.

Babi pertama membangun rumah dari jerami karena dia tidak mau bersusah payah dan malas. Babi kedua tidak terlalu malas dibandingkan babi pertama. Dia membuat rumah dari kayu. Sedangkan babi ketiga adalah pekerja keras. Dia berusaha keras dan membangun rumah dari batu bata dan batu.

Suatu hari seekor serigala datang menyerang mereka. Dia meniup rumah jerami dengan sekuat tenaga hingga hancurlah rumah babi pertama. Ia kemudian melakukan hal yang sama ke rumah kayu. Walau terengah-engah dan membutuhkan usaha lebih, serigala itu berhasil menghancurkan rumah babi kedua.

Serigala itu kemudian beralih ke rumah babi ketiga yang terbuat dari bata dan batu. Ia meniup rumah itu sekuat tenaga hingga kehabisan nafas. Namun, rumah babi ketiga ini tetap kokoh dan menjaga babi kecil tersebut dari serangan serigala.

Akhirnya serigala itu menyerah dan pergi.

Pesan moral dalam cerita: Bekerja keras akan selalu membuahkan hasil. Jangan mencoba mengambil jalan pintas untuk membuat segala sesuatunya seolah berjalan lancar.

(diadaptasi dengan penyesuaian dari https://www.upcyclerslab.com/blogs/upcyclers-lab-blog/12-must-read-moral-stories-for-kids)

Cerita Inspiratif lain..

Guru dan Murid

Secercah Harapan yang Menginspirasi untuk Bekerja Keras

Gua yang dapat Berbicara

Serigala Biru