Dahulu kala, ada seorang raja yang pergi mengunjungi kerajaan tetangga. Dia mendapat hadiah sepasang bayi Burung Beo Macaw dari raja kerajaan terakhir tempat dia berkunjung. Burung-burung itu adalah burung paling indah yang pernah dilihatnya. Jadi, setelah kembali ke kerajaannya, ia memanggil seorang pelatih burung dan memintanya untuk melatih Beo Macaw itu.

Raja juga mengatur tempat di taman istana untuk burung-burung beo itu. Dia sering melihat burung-burung itu dari jendela istananya. Seiring berlalunya waktu, suatu hari pelatih datang ke istana dan memberi tahu raja bahwa meskipun salah satu burung beo terbang tinggi di langit, yang lainnya tidak bergerak dari dahannya sejak hari pertama kedatangannya.

Setelah mendengar ini, raja memanggil pelatih dan tabib dari kerajaan terdekat. Mereka semua mencoba yang terbaik, tetapi tidak bisa membuat burung beo itu terbang! Dia bahkan meminta para bangsawannya untuk mencoba menemukan cara untuk membuat burung beo itu terbang tetapi mereka semua gagal. Burung beo itu tidak bergerak dari dahannya sama sekali. Akhirnya, setelah mencoba segalanya, raja berpikir bahwa mungkin dia membutuhkan seseorang yang mungkin lebih akrab dengan habitat alami burung beo. Dia meminta punggawa untuk mendapatkan seorang petani dari pedesaan dan membawanya ke burung beo itu untuk melihat apakah dia bisa memahami masalahnya.

ss

Keesokan paginya, sang raja senang melihat burung beo itu terbang tinggi di atas taman istana. Dia meminta pelayannya memanggil petani itu untuk menemuinya. Pelayan itu dengan cepat pergi dan menemukan si petani, yang datang dan berdiri di hadapan raja. Raja bertanya kepadanya, “Bagaimana Anda membuat burung beo itu terbang?

Dengan tangannya terlipat dengan hormat, petani itu berkata kepada raja, “Itu sangat mudah, Yang Mulia. Saya hanya memotong dahan tempat burung itu duduk. ”

Moral: Kita semua berbakat dengan energi untuk menemukan kesuksesan dalam hidup kita, tetapi gagal mengumpulkan keberanian yang diperlukan untuk mencapai tingkat kesuksesan dan akhirnya melekat pada hal-hal yang kita kenal. Kita perlu membebaskan diri dari zona nyaman kita untuk menjelajahi peluang baru dan menemukan keberhasilan di luar kemampuan kita.

Sumber: www.moralstories.org (dengan penyesuaian)

Baca cerita inspiratif lainnya: