Di tengah dunia pendidikan yang penuh warna, terkadang kita menemukan siswa–siswa yang berani menjelajah batas–batas yang tampaknya tak terjangkau. Mereka adalah para petualang yang pemberani, dalam dunia pendidikan.

Banyak siswa yang tidak hanya menghadapi tantangan, tetapi dengan penuh semangat meraih kesuksesan melalui perjalanan yang penuh warna. Oleh karenanya acara Apresiasi Terapi Edukatif kali ini mengangkat tema “Petualangan si Pemberani”.

Acara Apresiasi Siswa Terapi Edukatif adalah acara yang diadakan untuk memberikan apresiasi atas setiap usaha dan prestasi siswa yang sepanjang Tahun Ajaran 2023/2024 menjalani terapi di Terapi Edukatif BPK PENABUR Jakarta.

Acara ini dikemas dengan cara yang menyenangkan sehingga berkesan bagi siswa dan orang tua. Acara apresiasi siswa lebih dari sekedar penghargaan bagi siswa, tetapi adalah sebuah perjalanan yang membangkitkan semangat dan keberanian dalam diri tiap siswa.

Jalannya Petualangan

Dalam acara ini, para siswa diajak untuk berpetualang bersama teman-teman sesama siswa terapi dan juga terapis untuk berani mengalahkan rasa takut, malu, dan mencoba hal baru bersama-sama.

Acara ini dikemas dengan menyajikan aktivitas petualangan demi mencari sebuah pusaka sebagai reward atas hasil usaha yang sudah mereka lakukan. Pertama para siswa dibagi dua kelompok besar yang terdiri dari 9 siswa. Kelompok tersebut dipandu oleh masing – masing dua terapis yang menjadi kepala suku mereka. Setiap kelompok bersama-sama mengumpulkan pusaka melalui empat aktivitas, diantaranya :

1. Hidden Object

Siswa diminta untuk mencari beberapa gambar yang tersembunyi dalam dua buah gambar yang bertema Hutan Tropis dan Padang Savana. Saat semua gambar sudah ditemukan siswa akan mendapat pusaka berupa sebuah ikat kepala dari kertas.

2. Guess The Game

Siswa diminta untuk menebak gambar yang merupakan teka–teki dari permainan anak-anak. Ketika siswa berhasil menyelesaikan tantangan ini, maka mendapatkan sebuah pusaka berupa 2 buah bulu sintetik.

3. Mysterious Order

Siswa diminta untuk secara bergantian mengurutkan botol yang telah diacak oleh terapis. Setelah siswa berhasil menyelesaikan tantangan ini, mereka mendapat pusaka berupa 2 buah daun dari kertas.

4. Trap Floor

Siswa harus melompat diatas kotak yang sudah diberikan tanda V dan X oleh terapis. Jika saat melompat siswa melewati tanda V maka diperbolehkan untuk melanjutkan lompatannya namun jika melewati tanda X maka harus kembali mundur ke belakang barisan. Jika siswa berhasil menjalankan tantangan ini, mendapat pusaka berupa 1 buah daun dari kertas.

Puncak Petualangan

Ketika siswa sudah mendapatkan semua pusakanya. Siswa diminta untuk membuat mahkota bersama dengan orang tua. Kemudian ada sesi khusus orang tua untuk memberikan dan memakaikan mahkota tersebut untuk anak mereka. Ini adalah wujud apresiasi dari orang tua atas usaha dan kerja keras anaknya.

Tidak hanya orang tua yang memberikan apresiasi bagi siswa, namun para terapis pun juga memberikan apresiasi untuk siswa mereka, melalui tayangan video yang khusus dibuat untuk mengapresiasi para siswa atas setiap usaha, kerja keras dan ketaatan para siswa selama menjalani proses terapi.

Selain itu, Ibu Nita selaku Koordinator Terapis pun menyampaikan pesan kasih untuk orang tua dan siswa, Ibu Nita berterimakasih pada seluruh orang tua siswa TE yang telah bekerjasama dengan baik dalam mendampingi anak-anak.

Sedangkan pesan untuk seluruh siswa adalah agar selalu bersemangat dalam belajar dan menjadi lebih baik.

Penutup

Acara Apresiasi “Petualangan si Pemberani” ini berlangsung dengan meriah, penuh sukacita juga rasa haru bagi setiap siswa, orang tua, maupun panitia penyusun acara. Acara diakhiri dengan pembagian hadiah untuk semua siswa Terapi Edukatif.

Penulis: Inosensia Dini Pramudiana (Terapis Terapi Eduatif BPK PENABUR Jakarta)

Baca Berita Kegiatan Lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!