Pelatihan Family Counseling telah terselenggara pada Selasa, 23 Januari 2024 dan diikuti oleh semua guru BK Jenjang SMP BPK PENABUR Jakarta. Kegiatan ini adalah kelanjutan dari pelatihan yang telah terselenggara pada tahun ajaran sebelumnya.

Sebagai informasi, BPK PENABUR Jakarta telah menyelenggarakan pelatihan dengan tema Desain Pendekatan dan Teknik Konseling pada Tahun Ajaran 2022/2023. Berdasarkan evaluasi dari kegiatan ini, para guru BK SMP rupanya juga membutuhkan pembekalan terkait dengan Family Counseling. Maka, BPK PENABUR Jakarta melalui Seksi BK & Psikoeduatif bertindak aktif untuk memenuhi kebutuhan ini.

Mengapa Family Counseling?

Tema ini terbilang cukup mendesak saat ini. Sebab, masalah atau kendala yang siswa alami seringkali berkaitan atau bahkan berakar pada kondisi keluarga. Merujuk pada kondisi ini, dibutuhkan penanganan yang komprehensif dengan melibatkan keluarga agar kondisi siswa dapat membaik sesuai harapan.

Dr. Mona Sugianto, Psikolog, kembali menjadi nara sumber dalam pelatihan ini setelah tahun lalu juga menyampaikan materi terkait Desain Pendekatan dan Teknik Konseling. Sebagai Psikolog klinis, Ibu Mona memiliki banyak ilmu dan pengalaman untuk dibagikan pada para guru BK SMP dalam hal membantu keluarga untuk pulih.

Ibu Mona menyampaikan beberapa teknik yang dapat para guru BK praktikkan ketika berhadapan dengan siswa dan orang tua sebagai satu unit keluarga. Harapannya, bantuan dari guru BK dapat mendorong sebuah keluarga semakin hangat dan saling mendukung satu sama lain.

Tentang Pelatihan untuk Guru BK

Pelatihan Family Counseling ini dibuka dengan sambutan dari Ibu Vita Kusumastuti selaku Kepala Jenjang SPK dan ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan kepada Ibu Mona dari BPK PENABUR Jakarta. Perwakilan yang menyerahkan bingkisan kenang-kenangan ini adalah Ibu Triana Nilasari selaku Kepala Sekolah Pembina BK Jenjang dan Bapak Christian Imas selaku Kepala Seksi BK & Psikoedukatif.

Pada bulan Februari 2024, Seksi BK & Psikoedukatif akan kembali mengadakan pelatihan untuk guru BK, khususnya jenjang SLTA. Tema yang dibahas adalah Mental Health Issue.

BPK PENABUR Jakarta melalui Seksi BK & Psikoedukatif berupaya terus mendorong para guru BK untuk menjadi pembelajar seumur hidup. Pembaharuan pengetahuan tidak hanya penting untuk memastikan kualitas layanan BK, namun juga agar kebutuhan pengembangan diri guru BK terpenuhi.

(SH)

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!