Jakarta – LENS atau Lensa tidak hanya bermakna sebagai alat optik yang berfungsi untuk membuat obyek nampak lebih besar dan lebih fokus. Pada kegiatan Edufair/ Pameran Pendidikan di SMAK 6 PENABUR Jakarta, LENS bahkan diusung sebagai tema. Dengan slogan Focusing Your Future, Lensa pada kegiatan edufair ini dianalogikan sebagai sarana untuk membantu siswa-siswi menjadi lebih fokus dalam merencanakan studi lanjut. Kegiatan edufair ini diadakan selama dua hari, yaitu Jumat 9 Agustus hingga Sabtu 10 Agustus 2019.

Edufair sendiri adalah kegiatan tahunan yang diadakan oleh hampir semua sekolah BPK PENABUR Jakarta di jenjang SLTA. Secara umum tujuan kegiatan ini adalah sebagai wadah temu antara siswa dan para orangtua dengan universitas maupun agen pendidikan. Edufair kali ini dibuka dengan amat meriah tidak hanya dengan sambutan dari Ibu Kelapa SMAK 6 PENABUR Jakatara, Ibu Lie Fong – Fong tetapi juga prosesi simbolis bersama seluruh perwakilan dari pihak universitas dan agen. Pembukaan Edufair ini ditutup dengan penampilan tarian dari para siswa.

Tarian dari siswi SMAK 6 (dokumentasi pribadi)

Tarian dari siswi SMAK 6 (dokumentasi pribadi)

Partisipan Edufair

Partisipan Edufair kali ini berjumlah hingga 64 stand terdiri dari 60 stand universitas swasta dalam negeri dan agen-agen luar negeri serta empat stand perguruan tinggi negeri (PTN) , yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Sebelas Maret (UNS).

Hari pertama kegiatan ini berlangsung dari pagi hingga pukul 14.35 wib, sementara hari kedua berlangsung hingga pukul 13.00 wib. Kegiatan pameran pendidikan tidak hanya berupa kunjungan stand, melainkan juga ada presentasi yang dilakukan oleh universitas maupun agen. Siswa – siswi sudah terlebih dahulu mendaftarkan diri untuk mengikuti presentasi universitas ataupun agen yang mereka inginkan sebelum hari H kegiatan.

Pada hari kedua yang jatuh pada hari Sabtu, bersamaan dengan pertemuan orangtua kelas X, XI, dan XII. Para orangtua berkesempatan untuk berkunjung ke stand-stand yang ada bersama anak-anak mereka setelah pertemuan orangtua di aula selesai. Secara keseluruhan selama dua hari ini berjalan dengan amat baik dan mengalir. Kegiatan ini berhasil menjadi lensa yang membantu siswa – siwi menjadi lebih fokus pada rencana studi lanjut.

Tanya jawab di stand edufair (dokumentasi pribadi)

Kemeriahan kegiatan Edufair (dokumentasi pribadi)

Dengan diadakannya Edufair setiap tahunnya, besar harapan SMAK 6 PENABUR Jakarta agar siswa –  siswi maupun orangtua merasakan manfaat dari kegiatan ini. Selain manfaat yang diperoleh siswa – siswi beserta orangtua, melalui kegiatan ini SMAK 6 PENABUR Jakarta juga dapat menjalin hubungan yang semakin akrab dengan institusi pendidikan tinggi baik negeri maun swasta, serta agensi pendidikan.

Penulis: Cito Meriko – Guru BK SMAK 6 PENABUR Jakarta

Editor: Sonia Here (Staf BK & Psikoedukatif)

Baca berita kegiatan lainnya:

Ikuti akun instagram kami untuk menemukan info-info terbaru! klik disini