Materi disampaikan oleh Ibu Gratia Rompis (Guru BK SMPK Summarecon Bekasi)

Jakarta – Masa remaja adalah masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Pada masa ini remaja sudah mulai tertarik pada lawan jenis. Remaja mulai membicarakan tentang ketertarikannya baik kepada teman, saudara, orangtua, dan atau orang terdekat lainnya. Selain itu, sangat mungkin mereka juga mulai mencari-cari informasi dari sumber lain, seperti internet, media sosial, dan sebagainya. Tidak dapat dipungkuri bahwa remaja bisa mendapatkan infromasi yang kurang tepat mengenai hubungan dengan lawan jenis/pacaran. Kesalahan informasi tentu dapat berdampak negatif untuk anak remaja.

Dengan latar  belakang tersebut, maka Tim BK SMPK 1 PENABUR Jakarta memfasilitasi orangtua dan siswa dengan mengadakan Kelompok Kepedulian Orangtua (KKO) dengan topik yang berkaitan dengan isu tersebut. Tema yang diusung dalam KKO yang diadakan Sabtu 18 Mei 2019 ini adalah “Talking About Love with Teens”. Dalam KKO kali ini, orangtua diberikan pemahaman bagaimana menjadi tempat curhat bagi anak dan tanggapan apa yang harus diberikan ketika anak mulai tertarik pada lawan jenis.

ss

Pelukan orangtua-anak setelah menandatanganan komitmen kekudusan

Selain orangtua, siswa yang menjadi pesertapun diberikan informasi yang berkaitan dengan pacaran. Sesi untuk siswa ini dilakukan terpisah dengan sesi untuk orangtua. Setelah sesi selesai, anak-anak membuat sebuah komitmen untuk tetap hidup kudus sampai kejenjang pernikahan. Orangtuapun juga menyematkan lambang kekudusan berupa pin dan barang yang disediakan sendiri oleh orangtua. Setelah prosesi tersebut berakhir, orangtua memberikan testimoni berkaitan dengan kegiatan KKO. Orangtua menyatakan bahwa kegiatan KKO sangat bermanfaat, materi-materi yang disampaikan menjadi bekal bagi orangtua dalam mendidik anak-anaknya.

Demikianlah seluruh rangkian KKO telah terlaksana dengan baik. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk orangtua dan siswa.

Foto bersama setelah kegiatan KKO

Penulis: Ani Handayani (Guru BK SMPK 1 PENABUR Jakarta)

Baca Berita Kegiatan Parenting lainnya:

Ikuti akun instagram kami untuk menemukan info-info terbaru! klik disini