Sumber Gambar: Usplash/ Kelly Sikkema

Bersiap memasuki New Normal kita pasti sudah hafal dengan semua protokol kesehatan. Mulai dari jaga jarak aman, selalu pakai masker, rajin mencuci tangan, hingga tak meyentuh area wajah.

Selama kita di rumah, mungkin tak terlalu sulit untuk mematuhinya. Namun ketika New Normal dan kita perlu keluar rumah, apakah kita yakin sanggup tetap patuh? Bagaimana jika tak sadar lalu melanggar protokol?

Semestinya tidak ada pertanyaan demikian, karena kita WAJIB mematuhinya. Mengubah kebiasaan memang butuh waktu dan juga USAHA. Kita tak punya waktu, sehingga kita perlu memperkuat USAHA. Usaha seperti apa?

  • PAHAMI
    Kita perlu benar-benar sadar dan paham mengapa kita perlu mematuhi protokol kesehatan. Bacalah informasi dari sumber-sumber valid mengenai tujuan setiap protokol kesehatan serta perkembangan penelitian-penelitian ttg COVID19. Pengetahuan akan membuat kita lebih cermat dalam bertindak. .
  • WASPADA
    New Normal artinya memang kita mulai menjalani kehidupan kita sehari-sehari. Namun, menjalani keseharian yang sekarang tak boleh berjalan begitu saja. Karena jika demikian, kita akan mudah melanggar protokol kesehatan tanpa sengaja. Misal, tanpa sadar menyentuh area mulut. Oleh karena itu, kita wajib selalu dalam konsidi waspada, setidaknya ketika kita berada di tempat umum. Misalnya sedang di sekolah, kantor, atau minimarket.
  • TETAP PRODUKTIF
    Tugas sehari-hari kita mungkin banyak yang tertunda atau berubah pola. Kini saatnya kita makin cerdik menghadapi situasi. Mengorganisir hal-hal yang tertunda dan menyusun pola baru agar semua tetap berjalan lancar. Kita bisa menerapkan pola umum seperti Plan-Do-Check-Action untuk mengevaluasi apakah pola baru kita efektif untuk New Normal.

Selamat berusaha menjadi pribadi yang SEHAT dan PRODUKTIF memasuki masa New Normal!

Penulis: Sonia Here (Staf BK & Psikoedukatif)

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk menemukan info-info terbaru! klik disini