Terapi Edukatif secara rutin menyelenggarakan kegiatan Apresiasi Siswa sebagai bentuk penghargaan kepada siswa terapi edukatif yang sudah rajin dan berjuang untuk terus belajar mengembangkan potensi dirinya di terapi edukatif. Apresiasi Siswa Terapi Edukatif tahun 2022 ini mengusung tema “Aku Si Pemberani” dan dilaksanakan dalam bentuk virtual. Adapun tujuan dari tema ini adalah Siswa TE berani berubah menjadi karakter yang lebih baik, sehingga mereka dapat bertanggung jawab dan mandiri. Siswa TE mampu menerima dan mencoba tantangan baru yang dihadapi. Memberi kesempatan kepada orang tua/wali untuk turut berperan aktif dalam mendukung perkembangan siswa, dengan terlibat dalam kegiatan yang menyemangati siswa untuk dapat lebih berani.

Apresiasi Siswa Terapi Edukatif 2022 telah dilaksanakan pada Kamis, 16 Juni 2022 mulai pukul 15.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB dan diikuti kurang lebih 24 peserta didik Terapi Edukatif dan 9 tamu undangan melalui ruang zoom meeting. Adapun susunan acara yang diselenggarakan antara lain adalah sebagai berikut:

Apresiasi Siswa Terapi Edukatif dipimpin oleh Ibu Rika sebagai master of ceremony dan dibuka dengan menyanyikan pujian “Dalam Nama Yesus dan Laskar Kristus”. Kemudian dilanjutkan dengan doa pembuka yang dibawakan oleh peserta didik “KR”. Setelah itu kata sambutan oleh Bapak Hendra Siswo Wibowo selaku Wali Pengurus Lapendik BPK PENABUR Jakarta. Dilanjutkan pembacaan Visi dan Misi BPK PENABUR oleh siswa “CE” dan menyanyikan lagu Mars BPK PENABUR. Ditengah – tengah acara dilakukan sesi foto bersama yang dipimpin oleh Pak Indra lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu tema yang berjudul “Aku Anak Pemberani” lalu penampilan siswa “MG” dengan keterampilan menggambarnya.

Pada pertengahan acara Apresiasi Siswa Terapi Edukatif terdapat aktivitas siswa yang dibagi menjadi dua breakout room, di dalam breakout room satu dipimpin oleh Ibu Rika, di breakout room dua dipimpin oleh Ibu Yuni. Adapun aktivitas siswa di breakout room seperti games mengekspresikan diri, tebak objek dan menghias piagam apresiasi. Siswa terlihat sangat senang dan antusias dalam mengikuti aktivitas siswa tersebut.

Setelah aktivitas siswa, semua peserta kembali ke main room untuk melanjutkan acara selanjutnya yaitu dengan menayangkan video apresiasi dari terapis kepada siswa terapi edukatif, lalu selanjutnya pemberian apresiasi dari orang tua untuk siswa terapi edukatif dengan cara orang tua memberikan piagam yang sudah dihias kepada siswa terapi edukatif dan setelah itu orang tua memberikan pelukan serta ciuman kepada siswa. Acara selanjutnya semua peserta diminta untuk menyanyikan lagu tema kembali yang berjudul “Aku Anak Pemberani”.

Setelah menyanyikan lagu tema yang berjudul “Aku Anak Pemberani”, tiba saatnya mendengarkan kesan dan pesan dari orang tua siswa terapi edukatif. Pertama kesan dan pesan dari orang tua siswa “AB” melalui rekaman video, dilanjutkan dengan orang tua siswa “MB” yang dilakukan secara live . Setelah kesan dan pesan dari orang tua siswa terapi edukatif, ada juga kesan dan pesan dari siswa terapi edukatif “NK” melalui rekaman video. Selanjutnya ada pesan dari Ibu Nita selaku koordinator Terapi edukatif yang mengajak orang tua siswa untuk bekerja sama dalam membimbing siswa.

Acara Apresiasi Siswa Terapi Edukatif secara keseluruhan dapat menarik antusiasme para peserta walaupun dilakukan secara virtual. Para peserta didik, tamu undangan dan juga beberapa orang tua yang mendampingi terlihat antusias selama acara berlangsung. Acara Apresiasi Siswa Terapi Edukatif ditutup doa oleh Ibu Kumalasari Onggobawono selaku Kepala Divisi Pendidikan dan diakhiri dengan foto bersama yang dipimpin oleh Pak Indra.

Penulis: Hendrawan Wicaksono (Terapis Terapi Edukatif)

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!