Konvensi BK Nasional adalah kegiatan 2 tahunan yang diselenggarakan oleh ABKIN selaku organisasi profesi Bimbingan dan Konseling (BK). Kegiatan ini mengundang guru, konselor, mahasiswa, pemerhati bimbingan dan konseling, pemerhati pendidikan, dan kalangan umum untuk hadir sebagai peserta.

Dengan mengusung tema Revitalizing The Role of Guidance and Counseling in Nation Building, Konvensi BK Nasional tahun ini telah terselenggara di Yogyakarta pada Selasa dan Rabu, 23-24 Agustus 2022 lalu dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai provinsi di Indonesia.

BPK PENABUR Jakarta mengirim dua orang perwakilan untuk mengikuti kegiatan tersebut, yaitu Christian Imas H. selaku Kepada Seksi BK & Psikoedukatif dan Chandra Jon T. selaku Koordinator Guru BK Jenjang SLTA. Melalui 12 pembicara profesional di bidangnya, ABKIN kembali menekankan peran Guru BK dalam Kurikulum Merdeka. Yaitu, mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Pada prakteknya, Guru BK masih berpegang teguh pada filosofi warisan Ki Hajar Dewantara, yaitu (1) Ing Ngarso Sung Tuladha, (2) Ing Madya Mangun Karso, dan (3) Tut Wuri Handayani. Dengan kata lain, dalam relasi dengan peserta didik, Guru BK berperan sebagai teladan, menguatkan motivasi, sekaligus terus mendorong perkembangan peserta didik sesuai dengan tahap perkembangannya.

Ke-12 pembicara tersebut, antara lain:

  1. Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. dengan materi Bimbingan Konseling dalam Implementasi Kurikulum Merdeka
  2. Prof. Dr. Muh. Farozin, M.Pd. dengan materi Penataan Regulasi dan Layanan Bimbingan dan Konseling
  3. Prof. Dr. Ahman, M.Pd. dengan materi Penataan Sertifikasi dan Lisensi Bimbingan dan Konseling di Indonesia
  4. Prof. Dr. R. Partino, M.Pd. dengan materi Inovasi Bimbingan dan Konseling pada Masa Pandemi Covid-19: Studi Meta Analisis
  5. Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd. dengan materi Telaah Kritis Filosofi Merdeka Belajar dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling serta Urgensinya dalam Pendidikan dan Pembangunan Bangsa
  6. Prof. Darcy Haag Granello, Ph.D.,LPCC-S dengan materi Strengthening the Counselor’s Professional Identity in the 21 st Century
  7. Prof. Dr. Prayitno, M.Sc.Ed. dengan materi Profesi Konseling Bermartabat
  8. Prof. Dr. Nur Hidayah, M.Pd. dengan materi Kearifan Lokal dalam Bimbingan dan Konseling : Telaah Makna dan Kajian Praktis
  9. Prof. Jeannie Wright, Ph.D. dengan materi Using Writing in Guidance and Counselling
  10. Dr. Eka Wahyuni, MAAPD dengan materi Bimbingan dan Konseling dalam Transformasi Kurikulum Merdeka
  11. Dr. Esty Rokhyani, M.Pd., Kons. dengan materi Bimbingan dan Konseling dalam Implementasi Kurikulum Merdeka
  12. Saepuloh, S.Pd. dengan materi Bimbingan dan Konseling dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Selain dapat dihadiri secara langsung di The Rich Jogja Hotel, kegiatan ini juga disiarkan secara langsung melalui Channel YouTube resmi milik ABKIN Offcial. Dengan demikian, para Guru BK yang tidak bisa hadir dapat tetap mengikuti berbagai materi dan informasi terkini mengenai profesi BK di Indonesia.

Di BPK PENABUR Jakarta sendiri, kedua perwakilan bertugas untuk meneruskan materi dan informasi dari Konvensi BK Nasional pada semua Guru BK dari Jenjang SD hingga SLTA. Hal ini telah terlaksana melalui Rapat Koordintor BK yang diadakan pada Selasa, 6 September 2022.

Guru BK BPK PENABUR Jakarta berkomitmen untuk turut serta mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dengan melaksanakan tugas pelayan dengan sepenuh hati dan membangun kerjasama dengan semua pihak, yaitu Guru Kelas, Guru Mata Pelajaran, Tenaga Kependidikan, serta orang tua peserta didik.

(SH)

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!