SMAK PENABUR Kota Tangerang atau yang biasa disingkat dengan AKT memiliki kegiatan besar tahunan untuk setiap kelas. Leadership Camp untuk kelas 10, Retret untuk kelas 11, dan Career Day untuk kelas 12. Jenis kegiatan ini memang disesuaian dengan kebutuhan dan tujuan dari tiap kelas.

Pada Kamis dan Jumat, 6-7 Oktober 2022, AKT baru saja melaksanakan kegiatan Career Day. Kegiatan yang sudah dilaksanakan secara 100% onsite ini mulai diadakan sejak pandemi 2019 menggantikan kegiatan Campus Visit. Tujuannya sama, yaitu membantu para siswa kelas 12 untuk memilih jurusan kuliah dan mempersiapkan karir masa depan.

Rangkaian Kegiatan Career Day AKT

Career Day di AKT mengundang 13 pembicara profesional dan alumni. Pada hari pertama, semua siswa berkumpul di aula untuk mengikuti seminar tentang karir. 3 Pembicara profesional yang berbagi ilmu dan pengalamanya pada sesi ini adalah Dinda Puspitasari, Albert Egmont, S.H., CLP, dan Murni Risman, S.Psi. (pada pelaksanaannya digantikan oleh Imelda Koghorio, M.Psi karena ybs sakit).

Topik yang dibicarakan oleh ketiga narasumber ini adalah tentang karir. Yaitu, bagaimana memilih dan mempersiapkan karir dengan baik. Para siswa kelas 12 saat ini berada pada usia yang tepat untuk mulai menata masa depan karir mereka.

Kegiatan kemudian dilanjutkan pada hari berikutnya, yaitu presentasi dari para profesional yang menekuni bidangnya masing-masing. AKT menghadirkan 10 narasumber, dimana beberapa diantaranya adalah alumni AKT.

Para siswa kelas 12 berkesempatan untuk mengikuti presentasi di kelas-kelas sesuai dengan bidang yang diminati. Berikut ini adalah para narasumber dan masing-masing bidang yang ditekuninya:

  1. Angelica adalah seorang Aktuaris
  2. Adrian Surya adalah seorang Dokter Forensik
  3. Clara Monika adalah seorang Food Vlogger
  4. Elisa Milenia berasal dari jurusan Kedokteran
  5. Rina Berta berasal dari jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)
  6. Nieco Aldoni berasal dari jurusan Digital Com Universitas Bina Nusantara
  7. Torang Daniel K.K. Gultom adalah  seorang Pengacara
  8. Natalia Agatha adalah seorang Makeup Artist (MUA)
  9. Mardiena Endah adalah seorang Konsultan Pajak
  10. Vanessa berasal dari jurusan Teknik Industri

Setiap materi yang disampaikan oleh narasumber bertujuan untuk memberikan gambaran yang nyata pada para siswa tentang bidang karir tertentu. Selain itu, siswa dapat mengumpulkan informasi tentang tahapan atau langkah yang telah dilalui oleh para profesional hingga mencapai karirnya saat ini.

Informasi semacam ini penting untuk memantapkan para siswa dalam menentukan pilihan jurusan kuliah dan karir masa depan mereka.

Bimbingan Karir dalam Layanan BK

Bimbingan karir merupakan salah satu bidang layanan dari Layanan Bimbingan dan Konseling (BK). Di BPK PENABUR Jakarta, bentuk dan isi materi bimbingan karir disesuaikan dengan tahap perkembangan siswa.

Misalnya, untuk siswa SD, isi materi bimbingan karir yang disampaikan secara klasikal oleh guru BK berupa pengenalan jenis-jenis karir. Contohnya: guru, dokter, polisi, dan sebagainya.

Sedangkan untuk jenjang yang lebih dewasa seperti SLTA, bimbingan karir sudah jauh lebih spesifik yaitu untuk membantu siswa memilih jurusan kuliah dan menata karir masa depan. Selain dalam bentuk Career Day seperti yang diulas di atas, program bimbingan karir juga dapat berupa pameran pendidikan.

Penutup

BPK PENABUR Jakarta memberikan perhatian khusus pada setiap bidang layanan dalam Layanan BK. Hal ini penting karena BK memiliki posisi strategis untuk mendukung kematangan siswa secara utuh.

(SH)

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!