Sack Sentence Completion Test (SSCT) adalah salah satu psikotes yang menerapkan teknik proyeksi. Proyeksi sendiri adalah bagian dari ilmu psikoanalisis yang berusaha untuk mengungkap apa yang terpendam dalam alam bawah sadar seseorang.

Pengungkapan ini cukup penting. Sebab, seringkali apa yang kita pendam menjadi sumber masalah mental yang tak kita sadari. Dengan menemukan akar permasalahan ini, orang yang mengalaminya akan dapat menerima penanganan yang tepat sehingga lebih mudah untuk pulih.

SSCT adalah psikotes yang cukup sederhana. Pada penerapannya dalam dunia pendidikan, khususnya bimbingan dan konseling (BK), siswa cukup melengkapi 60 kalimat yang belum selesai. Bagaimana para siswa menggunakan kata-katanya untuk menyelesaikan kalimat ini kemudian dianalisis untuk menemukan kondisi-kondisi yang mungkin mengganggu proses belajarnya.

Pada Selasa, 21 Februari 2023, Guru BK Jenjang SLTA BPK PENABUR Jakarta mengikuti pelatihan SSCT selama 1 hari. Pelatihan ini terdiri dari mempelajari sejarah, dasar teori, hingga membedah setiap area mental yang dapat diungkap melalui alat tes ini.

Harapannya, alat tes ini dapat membantu para guru BK dalam mengungkap kendala maupun kompetensi yang dimiliki oleh para siswa. Dengan demikian, pendampingan oleh guru BK dalam mendorong siswa untuk dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Narasumber dalam pelatihan ini adalah Fidelis Waruwu, M.Sc.Ed. Beliau adalah pakar pada bidang psikologi, khususnya psikoanalisa. Bukan pertama kali Bapak Fidelis bekerjasama dengan BPK PENABUR Jakarta sebagai pembicara pelatihan maupun seminar.

Pelatihan 1 hari yang dibuka dengan sambutan dari Ibu Enche Gunawan (Kepala Jenjang SLTA) ini telah memperkaya para guru SLTA BPK PENABUR Jakarta. Para Guru BK berkesempatan untuk belajar langsung dari ahlinya. Tidak hanya teori, tetapi juga praktik dalam pengambilan data dan interprestasi yang didiskusikan bersama dalam sesi terakhir.

SSCT adalah pelatihan guru BK terakhir pada Tahun Pelajaran 2022/2023 yang diselenggarakan oleh Layanan dan Pendukung Pendidikan (Lapendik), BPK PENABUR Jakarta. Setiap tahun pelajaran, Lapendik mengadakan pelatihan untuk guru BK jenjang SD, SMP, dan SLTA. Tujuannya, adalah agar para guru BK selalu update dan upgrade diri sesuai dengan nilai-nilai PENABURS.

(SH)

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!