Terapi Edukatif (TE) setiap tahunnya selalu melaksanakan kegiatan Apresiasi Siswa di akhir tahun ajaran. Acara Apresiasi Terapi Edukatif dilakukan sebagai bentuk penghargaan kepada siswa karena sudah berusaha dan berjuang menembus setiap keterbatasannya untuk mengembangkan potensinya.

Sebab itu, Acara Apresiasi Siswa Terapi Edukatif tahun 2023 ini mengusung tema “ Menembus Tanpa Batas”. Kali ini, kegiatan dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting. Tujuan tema Apresiasi Siswa Terapi Edukatif ini adalah mengajak siswa TE untuk  berani mempunyai cita-cita dan tidak membatasi diri dengan berani mencoba hal-hal baru.

Sambutan dari Ibu Suzanne Carrol

Melalui tema ini, siswa TE diajak untuk mau mencoba berbagai tantangan baru dan berani bermimpi tanpa memandang setiap keterbatasan yang dimilikinya. Selain itu juga, melalui acara ini orang tua diajak untuk berperan aktif dalam mendukung perkembangan siswa untuk dapat berani mengejar cita-citanya.

Acara Apresiasi Siswa Terapi Edukatif 2023 telah dilaksanakan pada hari Senin, 19 Juni 2023 yang dimulai pukul 15.00 WIB dan diikuti kurang lebih 39 siswa. Selain itu, juga hadir 6 orang tamu undangan yang terdiri dari 2 wali pengurus bidang Pendidikan BPK PENABUR Jakarta dan 4 orang perwakilan dari sekolah.

Acara Apresiasi ini dipimpin oleh Ibu Rika dan Bapak Hendra sebagai master of ceremony yang dibuka dengan menyanyikan lagu “Hari Ini Kurasa Bahagia”. Setelah itu, acara dibuka dengan doa pembuka yang dibawakan oleh salah satu siswa TE. Acara Apresiasi Terapi Edukatif ini juga dibuka dengan kata sambutan yang diberikan oleh wali pengurus bidang Pendidikan BPK PENABUR Jakarta, Ibu Suzanne Carrol L. Mondigir dan dilanjutkan pembacaan visi dan misi BPK PENABUR yang juga dibawakan oleh salah satu siswa TE.

Games bersama Ibu Rika dan Bapak Hendra

Pada acara Apresiasi ini ditampilkan video bakat dan karya setiap siswa TE. Penampilan video tersebut menggambarkan setiap siswa yang berani menampilkan bakat dan karya yang dimiliki. Setelah penampilan video bakat dan karya siswa, semua siswa diajak untuk mengerjakan aktivitas yaitu membuat mahkota dan bermain games bersama. Semua siswa sangat antusias dan sukacita ketika bermain games tebak gambar dan mampu menjawab dengan benar.

Aktivitas Membuat Mahkota

Acara Apresiasi Siswa ini juga diisi dengan video apresiasi terapis kepada siswa TE.  Setelah itu, dilanjutkan oleh orang tua sebagai perwakilan para terapis memberikan mahkota yang dibuat bersama kepada para siswa sebagai bentuk apresiasi karena siswa sudah berjuang dan berusaha mengembangkan potensinya dengan baik.

Lagu tema acara Apresiasi Terapi Edukatif 2023 ini adalah “Kau Penolongku” yang dinyanyikan setelah prosesi pemberian mahkota oleh orang tua kepada siswa. Selain terapis yang memberikan apresiasi kepada siswa, tidak ketinggalan juga orang tua diberikan kesempatan untuk memberikan kesan dan pesan. Ibu GR dan Bapak SH, selaku orang tua siswa TE mengungkapkan rasa syukur atas keberhasilan anak mencapai perkembangan yang baik.

Siswa TE juga diberikan kesempatan untuk memberikan kesan dan pesan yang dibawakan oleh siswa TH. Ibu Nita, selaku koordinator TE, juga memberikan kesan dan pesan kepada seluruh siswa dan orang tua. Ibu Nita mengajak orang tua untuk bersama-sama membimbing dan mendukung siswa untuk meningkatkan potensinya.

Kesan dan Pesan dari Ibu Nita

Penampilan terakhir dalam acara ini adalah video penampilan bakat siswa oleh RB dengan menampilkan bakat menggambar digital. Ini tentu disambut dengan sangat meriah oleh para siswa yang lain.

Secara keseluruhan acara Apresiasi ini menarik antusias siswa dan orang tua untuk turut serta mengikuti acara ini sekalipun dilaksanakan secara virtual. Semua siswa terlihat bersukacita bersama dengan memakai seragam yang diberikan kepada semua siswa.

Di akhir acara ditutup oleh doa penutup yang dibawakan oleh Ibu Emma Paulina Balubun SP selaku wali pengurus bidang Pendidikan BPK PENABUR Jakarta. Acara Apresiasi ini berjalan dengan lancar dan penuh sukacita.

Penulis: Estina Franata (Terapis Terapi Edukatif)

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!