BPK PENABUR Jakarta berkesempatan untuk memperkenalkan permainan game BEST Adventure 2 dalam sebuah siaran radio Heartline FM. Siaran ini berlangsung pada Rabu, 28 Juni 2023 pukul 10.00 WIB. Walau sudah berlalu, rekaman informatif masih dapat diakses pada kanal YouTube Heartline Network.

Siaran ini tidak hanya melibatkan Bapak Ayub Wahyono (Kepala Biro Kerohanian dan Karakter) dan Matthew (Siswa SDK PENABUR Jakarta) serta Ibu Theresia (Ibunda Matthew). Namun, juga menghadirkan Ibu Anastasia Fanny, Psikolog BPK PENABUR Jakarta untuk Jenjang TK dan SD.

Target yang ingin dicapai dalam game ini tidak hanya dalam rangka menjadi pemenang permainan. Namun, lebih dalam dari itu. Yaitu, mengenalkan cerita Alkitab dan pembentukan karakter anak. Hal ini dibenarkan juga oleh Ibu Anastasia.

Sebagai psikolog, Anastasia berpendapat bahwa game dapat mendorong anak untuk bersabar dalam setiap tantangan serta berlatih tanggung jawab. Level yang makin sulit pada game akan mendorong anak untuk semakin tekun.

Walau demikian, Anastasia juga menyoroti tentang cara mengantisipasi agar game memberikan manfaat positif alih-alih membuat anak menjadi kecanduan. Pertama, bahwa orang tua harus memastikan game seperti apa yang anak mainkan.

Dalam hal ini, selain memeriksa jenis permainan dan batasan usia pemain, orang tua juga dapat memeriksa review game tersebut. Pastikan game tersebut tidak memperagakan tindakan kekerasan yang dapat berdampak buruk bagi anak.

Kedua, orang tua perlu mengatur waktu dimana anak dapat bermain game dengan komputer maupun smartphone. Jangan sampai, anak menghabisnya sepanjang waktunya untuk bermain game. Orang tua juga perlu memberi teladan  dengan tidak terus-menerus sibuk dengan ponselnya.

Sedang yang ketiga adalah pastikan anak bermain di lokasi yang mudah diawasi oleh orang tua. Misalnya, di ruang keluarga. Membiarkan anak bermain game ditempat yang jauh dari pandangan orang tua akan menyulitkan bagi orang tua untuk melakukan kontrol.

Ada cukup banyak game edukatif yang dapat orang tua manfaatkan untuk mendukung perkembangan dan pembentukan karakter anak. Salah satunya adalah BEST Adventure 2. Namun, pengawasan orang tua tetap yang terpenting agar game memberikan manfaat positif, alih-alih membuat anak menjadi kecanduan.

(SH)

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!