MGBK Akbar adalah kegiatan tahunan yang diadakan oleh Seksi BK & Psikoedukatif. Dalam kesempatan ini, guru BK BPK PENABUR Jakarta dari jenjang SD, SMP, SLTA, dan SPK hadir sebagai peserta.

Pada Tahun Ajaran 2023/2024 ini, MGBK Akbar terselenggara pada 19 September 2023. Acara dibuka dengan renungan pagi dan pembacaan visi, misi, dan motto BK. Selanjutnya adalah sambutan dari Ibu Suzanne Carol selaku Pengurus Bidang Pendidikan dan pengarahan dari Ibu Ferry Marwanti selaku Kepala Jenjang SMP mewakili Kepala Divisi Pendidikan.

Informasi penting yang juga disampaikan dalam kegiatan ini adalah informasi tentang guru BK baru, guru BK yang sudah tidak bergabung, dan peta guru BK untuk T.A. 2023/204. Informasi dibutuhkan oleh para guru BK agar lebih mengerti tentang posisi guru BK dalam organisasi BPK PENABUR Jakarta.

Kegiatan ini juga menjadi kesempatan untuk saling berkenalan dan bercengkerama. Sejumlah 138 guru BK yang bertugas di semua sekolah PENABUR Jakarta hadir dalam MGBK Akbar. Masa pandemi membuat guru BK sudah lama tidak bertemu atau bahkan belum saling mengenal. Oleh sebab itu, sesi perkenalan selalu menjadi bagian paling meriah dalam rangkaian kegiatan MGBK Akbar setiap tahunnya.

Seminar Knowing My Self With DISC

Sesi seminar juga menjadi bagian dalam rangkaian kegiatan MGBK Akbar. Kali ini, tema yang diusung adalah Knowing My Self With DISC. Mariska Johana H., M.Psi., Psikolog sebagai psikolog yang telah tersertifikasi DISC menjadi pembicara dalam 1 sesi seminar ini.

Dalam sesi ini Ibu Mariska menjelaskan keempat tipe kepribadian dalam psikotes DISC serta bagaimana paduan diantaranya. Penjelasan ini membantu para guru BK untuk lebih memahami dirinya sendiri. Dengan demikian, akan lebih memudahkan bagi para guru BK untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman sehingga potensi dalam diri dapat lebih optimal.

Selain itu, para guru BK juga dapat menerapkan ilmu ini dalam bekerjasama dengan sesama guru BK maupun guru lainnya. Namun, Ibu Mariska juga menjelaskan bahwa tes DISC kurang tepat untuk diterapkan pada anak dan remaja awal, sebab pada usia tersebut kepribadian anak masih dalam proses berkembang sehingga belum stabil.

Kembali pada Tugas sebagai Guru BK

MGBK Akbar menjadi 1 hari kesempatan untuk bertemu dengan rekan sesama guru se-BPK PENABUR Jakarta. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi wadah untuk update ilmu untuk kemudian kembali ke tugas pelayanan guru BK di sekolah.

Selain melalui MGBK Akbar, guru BK BPK PENABUR Jakarta juga masih punya kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri melalui pelatihan yang diadakan per jenjang.

Berurutan dari yang terdekat adalah pelatihan guru BK jenjang SD dengan tema Penggunaan Metode Art Therapy dalam Konseling Peserta Didik SD yang akan dilaksanakan pada 21 November 2023. Berikutnya adalah pelatihan guru BK jenjang SMP dengan tema Family Counseling yang akan dilaksanakan pada 23 Januari 2024. Sedangkan pelatihan untuk guru BK jenjang SLTA bertema Mental Health Issue, akan diadakan pada 27 Februari 2024.

Selain ketiga kegiatan tersebut, masih ada kegiatan Counselors’ Fair dan Pembekalan Guru BK Baru yang diadakan lintas jenjang. Semua kegiatan tersebut adalah dukungan BPK PENABUR untuk semua guru BK dalam tugas pelayanannya mendampingi tumbuh kembang peserta didik.

(SH)

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!