Keterampilan menjadi public speaker adalah bekal bagi para Guru BK untuk menjalankan tugas pelayanan di sekolah. Walau tiap hari telah terasah saat menyampaikan materi pada siswa, ada trik-trik khusus yang masih perlu terus dikembangkan untuk menjadi pembicara publik yang mampu membantu audiens untuk menerima materi dengan baik.

Secara berkala, Guru BK memang bertugas sebagai pembicara yang menyampaikan materi kepada para orang tua siswa. Yaitu, dalam kegiatan parenting class. Jenjang SD dan SMP memiliki program bernama Kelompok Kepedulian Orang Tua (KKO) sedangkan jenjang SLTA dengan program Parenting Cell Group (PCG). 

Kedua program ini adalah wujud kerjasama dan wadah belajar bagi pihak sekolah, terutama Guru BK, dan para orang tua siswa dalam mendampingi tumbuh kembang anak. 

Guru BK membutuhkan keterampilan public speaking yang mumpuni untuk mengelola kegiatan-kegiatan semacam ini agar tujuannya dapat tercapai dengan optimal. BPK PENABUR Jakarta, melalui Bagian Layanan Pendukung Pendidikan (Lapendik) menjawab kebutuhan ini dengan mengadakan pelatihan 1 hari bertema Be a Good Speaker yang mengundang perwakilan guru BK untuk hadir sebagai peserta.

Be a Good Speaker

Pelatihan yang diikuti oleh 33 orang dari Jenjang SD, SMP, dan SLTA ini telah berlangsung pada Selasa, 29 Agustus 2023. Narasumber pelatihan ini adalah Ibu Julia Napitupulu. Beliau adalah seorang pakar dalam hal Human Skill Development.

Kegiatan pelatihan yang berlangsung dari pukul 07.15 hingga 15.00 WIB ini dibuka dengan renungan pagi kemudian dilanjut sambutan dari Ibu Kumalasari Onggobawono, selaku Kepala Divisi Pendidikan.

Metode dalam pelatihan ini adalah active learning, sehingga para peserta tidak hanya duduk diam untuk mendengarkan pemaparan dari narasumber. Melainkan, terjadi interaksi menarik melalui permainan dan praktik yang membuat peserta lebih mudah mendalami tiap materi yang disampaikan.

Beberapa materi utama dalam pelatihan ini adalah terkait dengan opening dan closing, nada bicara, serta bahasa tubuh yang mampu mempertahankan perhatian audience. Ibu Julia menyampaikan bahwa materi pada dasarnya hanyalah 10% dari keseluruhan penampilan pembicara. 

Bukan berarti materi tidak penting. Namun, pembicara semestinya menitikberatkan pada bagian 90% yang adalah bagaimana pembicara menyajikan materi tersebut agar dapat membantu audiens menerimanya dengan baik. Dengan demikian, materi tersebut dapat bermanfaat dan berdampak bagi audiens.

Dukungan BPK PENABUR Jakarta untuk Guru BK

Pelatihan Tim Pembicara KKO dengan tema Be a Good Speaker ini adalah wujud dukungan BPK PENABUR Jakarta untuk para Guru BK. Sepanjang Tahun Ajaran 2023/2024 masih akan ada beberapa pelatihan untuk memenuhi kebutuhan para Guru BK.

Antara lain adalah Seminar bertema Knowing My Self with DISC yang akan diadakan sebagai bagian dari kegiatan MGBK Akbar pada bulan September 2023. Selain itu, terdapat pelatihan guru BK yang ditujukan secara khusus untuk setiap jenjang.

Untuk guru BK jenjang SD, akan ada pelatihan dengan tema Penggunaan Metode Art Therapy dalam Konseling Peserta Didik SD. Sedangkan untuk guru BK jenjang SMP, akan diadakan pelatihan dengan tema Family Counseling. Serta, pelatihan dengan tema Mental Health Issue untuk guru BK jenjang SLTA.

Tema untuk setiap pelatihan telah melalui proses diskusi untuk mendapatkan tema yang paling up to date dengan kebutuhan dan perkembangan situasi terkini. Dengan demikian, setiap pelatihan dapat mencapai tujuan dengan optimal.

(SH)

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!